Caltex Social Media Ambush Marketing

Mei 2018, Caltex Australia mengubah namanya menjadi Cahilltex. Langkah ini menandai kemitraan barunya dengan pemain sepak bola Australia terbesar, Tim Cahill, menjelang Piala Dunia yang berlangsung Juni 2018. Ide kampanye dan eksekusi peluncuran dikembangkan dan dilaksanakan oleh TLA Worldwide, The Zoo Republic and Dashing.

Caltex Australia Executive General Manager Convenience Retail Richard Pearson mengatakan, perubahan nama stasiun pengisian bahan bakar umum (SPBU) dari Caltex menjadi Cahilltex -- selama beberap buan setelah itu balik lagi -- menunjukkan dukungan Caltex untuk Socceroos. “Langkah ini hanyalah salah satu cara kami merayakan kemitraan baru kami dengan pemain sepak bola terbaik Australia, Tim Cahill,” katanya.

Socceroos adalah julukan bagi tim sepak bola nasional yang mewakili Australia dalam event-event pertandingan sepak bola putra internasional. Secara resmi dijuluki Socceroos, tim ini dikendalikan oleh badan sepak bola di Australia, Federasi Sepak

Bersama Mark Viduka, Harry Kewell, dan kawan-kawannya, Tim Cahill membawa tim nasional sepakbola Australia lolos ke Piala Dunia 2006. Disana mereka mencetak prestasi terbaik dengan lolos ke fase 16 besar. Umur Cahill saat ini menginjak 38 tahun.

Tapi kontribusi Cahill menjadi penentu saat menyingkirkan Suriah pada kualifikasi babak keempat lewat sepasang golnya. Ini bukan pertama kalinya nama Cahill ditempelkan pada merek produk. Pada tahun 2013, Cahill Expressway di Sydney diganti namanya menjadi Tim Cahill Expressway, meski cuma selama 48 jam.

Bagi banyak perusahaan, event olahraga internasional (misalnya Piala Dunia Sepak Bola atau Olimpiade) merupakan platform ideal untuk mengintegrasikan komunikasi pemasaran mereka ke dalam lingkungan olahraga yang menarik.

Paradigma para marketer ini dimanfaatkan penyelenggara acara olahraga dengan menjual hak pemasaran eksklusif untuk acara mereka kepada sponsor resmi. Sebagai imbalannya sponsor resmi memperoleh opsi eksklusif untuk memanfaatkan acara tersebut untuk komunikasi pemasaran mereka sendiri.

Namun, dalam setiap peluang selalu muncul alternative. Salah satunya adalah model ambush markerting (ambush pemasaran). Ambush pemasaran adalah metode yang digunakan oleh perusahaan yang bukan pemegang hak pemasaran suatu acara, tetapi menggunakan aktivitas pemasaran mereka dengan beragam cara untuk menjalin hubungan dengan acara tersebut.

Terlepas dari negatifnya persepsi publik, ambush marketing tidak selalu ilegal atau tidak etis. Bahkan, pemasaran media sosial telah ambush marketing menjadi lebih umum. Namun demikian, agar pemasaran semacam itu bebas risiko, pemasar selalu memastikan bahw langkahnya tidak melanggar batas.

Merek-merek besar dan kecil kini hadir di media sosial. Perusahaan yang lebih besar dewasa ini hampir semuanya memiliki karyawan yang dikhususkan untuk pemasaran media sosial. Kenapa? Setiap bisnis ingin menjadi “bagian dari percakapan” di media sosial. Seringkali, bagaimanapun, hashtags hari ini terkait dengan peristiwa atau produk dari bisnis atau organisasi lain.

Acara olahraga mulai dari #MarchMadness ke #BostonMarathon hingga #Olympics, menciptakan banyak obrolan di media sosial. Demikian juga, rilis Apple terbaru, atau bahkan episode Game of Thrones serial terbaru dapat menciptakan arus hashtag yang tak ada habisnya.

Tags:

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)