Cerita di Balik Sukses Fassystore Menyasar Milenial

MIX.co.id - Menjawab tingginya permintaan akan produk Totebag, Fassystore hadir sebagai merek yang menawarkan beragam Totebag. Kehadiran merek Fassystore berawal dari keresahan Aldila Anggraeni


yang kala itu masih kuliah dan kesulitas mendapatkan tas yang fashionable dengan harga tergangkau untuk dipakai sehari-hari oleh kalangan pelajar dan mahasiswa.

“Akhirnya, tahun 2011, Fassystore hadir. Kami membuat beberapa produk untuk dijual ke teman-teman. Dan karena respon penjualannya bagus, akhirnya dijual untuk umum,” cerita Aldila Anggraeni, Owner Fassystore.

Diakui Aldila, pada mulanya Fassystore hanya membuat satu jenis Totabag biasa saja dengan model yang timeless, sehingga bisa dipakai sampai kapanpun tanpa mengikuti trend. Namun, karena semakin banyak permintaan, Fassystore membuat beragam variasi model yang bisa dipakai untuk berbagai acara, seperti acara formal dan cassual.

Guna memenuhi permintaan pasar yang semakin banyak, sampai saat ini Fassystore masih memproduksi sendiri, mulai dari pemilihan bahan baku hingga proses jahit dan menjadi tas Totebag yang siap dijual.

"Tapi, saat permintaan sedang banyak, kami  juga bekerja sama dengan vendor atau konveksi lain untuk membantu proses produksi," akunya.

Bisnis Fassystore kian berkembang saat merambah penjualan online di media sosial facebook pada 2013 lalu. Dengan tetap mempertahankan kualitas dan harga yang terjangkau, Fassystore semakin dikenal dan diminati di luar kota Bandung, yang akhirnya membuat kami memproduksi tas yang lebih bervariatif.

“Kami memanfaatkan semua media sosial yang ada, termasuk Twitter, Instagram, dan marketplace. Hasilnya, penjualan semakin baik dari tahun ke tahun,” kata Aldila.

Selama Pandemi Covid-19, sekitar 2020 dan 2021, perkembangan bisnis Fassystore sempat terpengaruh. Dihadapkan pada situasi tersebut, Fassystore berinovasi dengan terus memperluas penjualan secara online, hingga meningkatkan branding dan promosi melalui melalui kanal digital.

"Kami juga gencar melakukan endorsement kepada seleb dengan penawaran-penawaran yang menarik serta meningkatkan Ads agar produk kami bisa dilihat terus oleh banyak orang. Kami juga meningkatkan status toko di beberapa Marketplace yang tadinya toko biasa menjadi Mall atau Toko Khusus, ini juga dimaksudkan agar produk kami bisa mendapatkan exposure lebih kepada para user marketplace,” tandas Aldila.

Sementara itu, salah satu upaya meningkatkan branding yang dilakukan adalah dengan melakukan edukasi pasar dan membuat positioning produk Totebag Fassystore sangat cocok digunakan untuk para milenial, terutama mahasiswa dan pelajar. Sebab, setiap produk Fassystore hadir dengan desain yang fashionable.

Seiring dengan perkembangan bisnis Fassysotre, lanjutnya, Fassysotre ingin terus memenuhi permintaan konsumen melalui penjualan online, yang biasanya meningkat hingga 10 kali lipat di akhir tahun, karena banyaknya event yang digelar.

"Untuk jangka panjang, Fassystore ingin terus melakukan kolaborasi dengan beberapa seleb sehingga Fassystore bisa lebih dikenal lagi di masyarakat," tutupnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)