Cetak Penjualan Bersih Rp 10,6T di Q1 2023, Unilever Konsisten Jalankan Lima Prioritas Strategis Ini

MIX.co.id - Sepanjang kuartal pertama (Q1) 2023, PT Unilever Indonesia, Tbk. mencetak penjualan bersih sebesar Rp 10,6 triliun serta laba bersih Rp 1,4 triliun. Pada periode itu, Unilever juga mengalami kenaikan pangsa pasar, dimana sebagian besar kategori produknya secara efektif meraih share yang lebih baik di tengah ketatnya persaingan.

Dalam konferensi pers yang digelar secara online pada Hari ini (19/4), Ira Noviarti, Presiden Direktur PT Unilever Indonesia, mengungkapkan bahwa catatan penting kinerja Q1 2023 mencakup fundamental yang lebih kuat di jalur General Trade (GT) dan Modern Trade (MT); corebrands yang menawarkan manfaat yang lebih unggul; portofolio yang solid di semua segmen; dan peningkatan daya saing di MT.

“Meskipun prospek makro menunjukkan tanda-tanda yang menggembirakan, kami melihat bahwa pertumbuhan pasar melambat pada kuartal pertama 2023 dibandingkan dengan kuartal ketiga dan keempat tahun 2022. Hal yang menjadi kunci adalah memastikan bahwa kami bergerak ke arah yang tepat. Pangsa pasar kami yang meningkat merupakan indikator yang menjanjikan. Profitabilitas kami pada kuartal pertama tahun ini juga meningkat dibandingkan kuartal tiga dan empat tahun lalu,” paparnya.

Lebih jauh ia memaparkan, untuk mendorong daya saing dan mengamankan pertumbuhan jangka panjang, Unilever akan konsisten menjalankan lima prioritas strategis. Pertama, memperkuat dan unlock potensi penuh dari brand-brand utama. Di antaranya, dengan menawarkan benefit lebih, seperti Rexona yang menawarkan 72 jam kesegaran non stop. Upaya lainnya adalah dengan memperluas penggunaan produk maupun memperluas pengguna (market).

Kedua, memperluas dan memperkaya portfolio ke premium dan value segment. Menurut Ira, strategi ini menjadi penting, karena growth incremental revenue dari segmen premium ini mencapai 25-35%. Sementara itu, dari sisi pertumbuhan penjualan, segmen premium tumbuh 17,7% pada Q1 2023. “Bahkan, dari sisi profit, segmen premium ini juga lebih tinggi. Oleh karena itu, kami akan menggenjot segmen premium ini, antara lain yang sudah kami lakukan adalah dengan meluncurkan Vaseline Gluta-Hya, Pond's Sun Serum, Lifebuoy Natural, dan Pepsodent Herbal,” urainya.

Ketiga, memperkuat kepemimpinan di channel utama (General Trade dan Modern Trade) dan channel masa depan (e-Commerce). Dalam Distributive Trade (DT), Unilever mendorong jumlah toko yang lebih banyak, kualitas toko yang lebih baik, serta distributor yang lebih besar dan lebih baik dengan inventaris yang lebih sehat. Selain itu, di Modern Trade (MT), Unilever terus meningkatkan pangsa pasarnya, baik secara volume maupun value.

“Kuartal ini, kami telah menyelesaikan pengurangan stok perdagangan dengan pelanggan DT dan MT sebagai bagian dari keseluruhan transformasi saluran yang kami mulai pada semester dua tahun lalu agar bisnis kami tetap mampu bersaing di masa depan. Oleh karena itu, kami berharap dapat melihat dampak positif jangka panjang, baik dalam hal biaya maupun kecepatan dalam membawa inovasi kami ke tangan konsumen,” lanjutnya.

Keempat, penerapan E-Everything di semua lini bisnis. Kelima, tetap menjadi yang terdepan dalam pembangunan bisnis yang berkelanjutan.

Ira menyatakan keyakinan atas kemampuan Perseroan untuk mempertahankan pertumbuhan yang kompetitif di kuartal-kuartal mendatang. “Kami sangat optimis menghadapi sisa tahun 2023 dan seterusnya. Tantangan pasti akan ada, tetapi kami siap dengan visi dan strategi yang jelas untuk mendorong pertumbuhan yang kompetitif, menguntungkan, konsisten, dan bertanggung jawab. Kami fokus untuk memastikan eksekusi terbaik dari strategi yang telah ditetapkan, sambil terus berinvestasi pada karyawan, produk, brand, dan teknologi kami untuk tetap menjadi yang terdepan," tutupnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)