Categories: News Trend

“Charm Girl’s Talk”, Platform Edukasi Seputar Menstruasi dari Uni-Charm

Sejumlah penelitian mengungkapkan, usia menarche (menstruasi pertama kali) semakin dini dari zaman ke zaman. Terbukti, kini menarche dialami oleh anak perempuan yang usianya cenderung lebih muda. Jika sebelumnya menarche dialami oleh remaja perempuan berumur 11-14 tahun, belakangan anak perempuan sudah mengalami menstruasi pertama kali di usia 9-11 tahun.

Salah satu faktor dari semakin dininya usia menarche adalah gaya hidup dan pola makan. Dijelaskan Ahli Gizi Beta Sindiana, S.Gz, perkembangan tren gaya hidup dan pilihan makanan seperti restoran cepat saji dan junk food juga menjadi faktor yang berhubungan dengan usia menarche yang lebih cepat.

“Terdapat korelasi antara frekuensi konsumsi junk food dengan usia menarche. Ternyata menarche dini memiliki dampak negatif pada anak. Menarche dini diteliti memiliki hubungan dengan meningkatnya risiko obesitas abdominal, kanker payudara, resistensi insulin, penyakit kardiovaskular, dan hipertensi,” katanya.

Sementara itu, Psikolog Anak Devi Sani, M. Psi menerangkan, “Masa pubertas, termasuk menarche di dalamnya, memiliki banyak dampak psikis terutama pada anak yang baru pertama kali mengalami. Seperti perubahan fisik yang membingungkan, perubahan hormon, yang menimbulkan banyak pertanyaan bagi anak.”

Sementara itu, berdasarkan data Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia tahun 2019, 65% orang tua Indonesia tidak membicarakan tentang menstruasi ke anak, dan 45% orang tua Indonesia juga menganggap pembicaraan tentang menstruasi penting untuk dilakukan ke anak.

“Secara psikis, anak yang mengalami menstruasi pertama kali menjadi bingung harus bertanya ke siapa karena malu, dan cenderung tidak ingin membicarakannya pada siapapun. Padahal, banyak hal-hal penting yang perlu diketahui oleh anak yang berkaitan dengan menstruasi,” ungkap Devi.

Oleh karena itu, PT Uni-Charm Indonesia Tbk melalui salah satu brand-nya, Charm, meluncurkan Website “Charm Girl’s Talk” Edukasi Menstruasi Untuk Anak. Mulai hari ini, 12 November 2020, website Charm Girl’s talk www.charmgirlstalk.com sudah dapat diakses, baik oleh orang tua ataupun anak.

“Sebagai brand no.1 pilihan perempuan Indonesia untuk kategori pembalut, Charm memiliki tanggung jawab tidak hanya untuk inovasi dan pengembangan produk, tetapi juga tanggung jawab sosial untuk menjadi pionir dalam mengedukasi masalah menstruasi di Indonesia. Menstruasi merupakan komponen esensial dari kesehatan reproduksi, sehingga pendidikan tentang menstruasi sangat penting. Apalagi saat ini, menarche sudah dialami sejak usia dini,” terang Yuji Ishii, President Director PT Uni-Charm Indonesia Tbk.

Lebih jauh ia menerangkan, Charm melihat internet merupakan platform yang sangat potensial untuk memberikan edukasi kepada anak dan remaja mengenai menstruasi terutama di masa pandemi. “Selama ini, Charm juga selalu menggelar edukasi menstruasi secara langsung dengan pergi ke sekolah-sekolah,” lanjut Yuji.

Tak hanya konten edukasi, Charm Girls’ Talk juga memiliki fitur games, dan UI/UX yang mudah digunakan, sehingga anak tidak merasa bosan dalam mempelajari menstruasi. “Selain itu, pada interface website, terdapat pilihan orang tua atau anak. Jadi, website ini bisa menjadi konten edukasi untuk orang tua yang ingin belajar, sehingga dapat mengajarkan menstruasi untuk anaknya. Tidak sebatas hanya untuk anak,” tutur Yuji.

Menurut Devi, platform edukasi seperti Charm Girl’s Talk dapat menjadi opsi untuk orang tua mengedukasi anak tentang menstruasi. “Jika orang tua tidak bisa berbicara langsung kepada anak, orang tua bisa mengarahkan anak untuk mempelajari menstruasi sendiri dengan mengakses website seperti Charm Girl’s Talk,” sarannya.

Dwi Wulandari

Recent Posts

Airscream UK Hadir di JIVE Expo 2024, Ajak Pengunjung ‘Scream Out Load’

MIX.co.id – Airscream UK, merek vape atau rokok elektrik asal Briston, Inggris, semakin agresif meningkatkan…

17 hours ago

KGSB Kembali Gelar Pelatihan Psychological First Aid Batch II

MIX.co.id - Merujuk survey yang dilakukan Indonesia-National Adolescent Mental Health Survey (I-NAMHS) 2022 lalu, 1…

22 hours ago

Foot Locker Gandeng IBL dan Umumkan Tiga Brand Ambassador

Brand Marketing Senior Manager Foot Locker Indonesia Vitra Widinanda, memberikan keterangan pers saat mengumumkan Brand…

1 day ago

Formula Gelar Kampanye “Awal Kekuatan Beribu Kebaikan” di 2024

MIX.co.id - Merujuk audit ritel yang dilakukan oleh Nielsen Indonesia, Sikat gigi Formula dari OT…

1 day ago

Penjualan Tembus 50 Ribu Pieces, Implora Luncurkan Peeling Gel Ukuran Besar

MIX.co.id - Sejak diluncurkan pada Maret 2024 lalu, Implora berhasil menjual Peeling Gel berukuran 50…

1 day ago

Sharp Garap Pasar Smartphone di Bali

MIX.co.id - Serius menggarap pasar smartphone di Indonesia, tahun ini, Sharp Indonesia memperluas area penjualannya…

2 days ago