Citi Indonesia Dukung Kewirausahaan Siswa Sekolah lewat Program YEI

Citi Indonesia melalui payung kegiatan kemasyarakatannya, Citi Peka (Peduli dan BerKarya), bersama dengan mitra pelaksana Prestasi Junior Indonesia (PJI) kembali mendukung program ‘Youth Entrepreneur Initiative’ (YEI) untuk ketiga kalinya.

 

Ajang kompetisi kewirausahaan dan pembinaan di bidang keuangan ini, menyasar pada siswa setingkat SMA/SMK di Indonesia (usia 15-17 tahun), dimana perwakilan masing-masing sekolah didorong untuk membentuk perusahaan dan memasarkan produk yang mereka hasilkan.

 

Bentuk dukungan tersebut diimplementasikan dengan mengirim SMAN 3 Semarang ke Jepang mewakili Indonesia untuk berkompetisi di ajang Asia Pacific Company of the Year Award yang akan digelar di Tokyo, Jepang pada pertengahan Februari mendatang. Pada kompetisi ini, mereka akan bersaing dengan 19 sekolah dari 13 negara Asia Pasifik lainnya.

 

SMAN 3 Semarang yang menamakan perusahaan mereka Great Golden Ganesha (3G), berhasil keluar sebagai juara nasional pada program YEI periode 2015-2016. Produk trilogic coolturnesia merupakan tas serbaguna yang dapat dimanfaatkan menjadi 3 bentuk; ransel, jinjing dan selempang. Untuk mendapatkan potongan harga ketika membeli produk tersebut, konsumen diajak bermain dan mengumpulkan poin melalui game yang dapat diunduh melalui PlayStore.

 

“Citi menaruh perhatian besar pada pemberdayaan generasi muda Indonesia, khususnya dalam memberikan kesempatan ekonomi yang lebih baik, salah satunya melalui kewirausahaan dan edukasi finansial,” papar Elvera N. Makki, Country Head Corporate Affairs Citi Indonesia, saat pemaparan program dihadapan siswa SMAN 3 Semaang yang berlangsung di Jakarta, Selasa (8/2).

 

Dijelaskan, program YEI memberi kesempatan kepada para siswa SMA dan SMK di enam kota Indonesia (Jakarta, Bandung, Semarang, Surabaya, Denpasar, Medan) untuk mendirikan perusahaan siswa (student company). Program memberikan dampak positif kepada lebih dari 27.000 pelajar di 85 SMA/SMK di enam kota tersebut.

 

Selama periode program, para siswa akan menerima arahan dunia kewirausahaan dan edukasi keuangan dari Prestasi Junior Indonesia dan karyawan Citi Indonesia yang tergabung dalam Citi Volunteers. Selain itu, para siswa juga dibekali dengan berbagai keterampilan dan wawasan yang bermanfaat untuk pengembangan usaha serta produk mereka agar lebih inovatif dan memiliki nilai jual.

 

“YEI merupakan wujud dari upaya kami dalam meningkatkan inklusi keuangan serta membuka kesempatan ekonomi bagi generasi muda Indonesia untuk mulai mengasah keahlian bisnis mereka sejak awal sehingga mampu bersaing dan sukses di kompetisi antar negara.” tandas Batara Sianturi, CEO Citi Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)