Categories: News Trend

Content Creator Melonjak Selama Pandemi, Samsung Gelar “Galaxy Creator Workshop”

Pandemi yang diikuti pergeseran perilaku konsumen yang mengarah pada aktivitas online, telah memicu pertumbuhan content creator di Indonesia. Merujuk data SocioBuzz, influencer marketing platform, terjadi peningkatan jumlah pendaftaran content creator selama pandemi.

“Terjadi peningkatan pendaftaran content creator hingga tiga kali lipat di platform SociaBuzz setelah pandemi meski kami tidak melakukan promosi apapun. Dari 2.552 user baru per bulan sebelum pandemi, menjadi 7.730 user baru per bulan setelah pandemi,” ungkap Rade Tampubolon, CEO & Co-Founder SociaBuzz.

Lebih jauh ia menjelaskan, peningkatan tertinggi berasal dari segmen millennials (Gen Y) dan Gen Z. Jika Gen-Z mencapai 51,56%, maka millennials menyentuh 45,93%. Sedangkan Gen X, hanya mencapai 2,51%.

Sementara itu, Top 5 kategori konten yang dihadirkan dari para content creator millennials dan Gen-Z tersebut adalah lifestyle, fashion, beauty, travel, serta food & drink.

“Perkembangan teknologi berperan besar terhadap adanya fenomena ini. Dengan semakin banyaknya ragam media sosial yang dapat digunakan untuk membangun audience, semakin canggih dan terjangkau perangkat yang dapat digunakan untuk mempermudah dalam membuat konten dan karya, serta semakin banyak platform yang tersedia untuk menghasilkan uang seperti YouTube Adsense dan creator marketplace seperti SociaBuzz,” terang Rade.

Samsung Electronics Indonesia tentu saja tak melewatkan fenomena itu. Melalui salah satu produknya, Samsung Galaxy A Series, Samsung mencoba menjawab kebutuhan para content creator dalam memproduksi konten di media sosial mereka.

Salah satu upaya yang dilakukan Samsung adalah dengan mengajak pengguna smartphone Samsung Galaxy untuk menjadi content creator di Galaxy Creator Workshop (GCW), yang dihelat pada pertengahan Oktober ini (19/10).

“Inisiatif ini bertujuan memberikan inspirasi bagi generasi muda untuk tidak perlu khawatir dan jangan takut untuk memulai dan menuangkan ide untuk membuat konten yang awesome dengan Samsung Galaxy A series. Dengan demikian, mereka dapat mewujudkan keinginannya menjadi seorang content creator,” papar Irfan Rinaldi, Product Marketing Manager Samsung Electronics Indonesia.

Lebih jauh ia menjelaskan, pengguna smartphone Samsung Galaxy A series dapat bergabung dalam GCW dengan mendaftar melalui aplikasi Samsung Member, sebuah aplikasi untuk para pengguna smartphone Samsung Galaxy dan produk Samsung lainnya.

Galaxy Creator Workshop akan digelar dalam tiga sesi melalui aplikasi Samsung Member mulai awal November 2020. Pada sesi pertama GCW bertajuk ‘Semua Bisa Jadi Content Creator’, Samsung akan mengajak semua pengguna Galaxy A series untuk dari sekarang menjadi content creator, dan bisa membuat konten yang keren dengan fitur esensial dari Galaxy A01 Core, A01, dan A11.

Selanjutnya, pada GCW kedua bertajuk ‘Be Creator, Be Awesome You’, Samsung akan menunjukkan beberapa cara membuat konten awesome dengan Galaxy A51 dan A71 . Konten Awesome akan menghasilkan lebih banyak views dan pada akhirnya akan menghasilkan pendapatan bagi content creator.

Dwi Wulandari

Recent Posts

‘Indonesia PR of The Year 2024,’ Ajang Rekognisi Program Komunikasi dan Praktisi PR Terbaik

MIX.co.id – Majalah MIX MarComm (SWA Group) kembali menggelar program tahunan “Indonesia PR of The…

8 mins ago

Upaya Kolaboratif Musim Mas, L3F, SNV Indonesia, dan ICRAF Terapkan Model Perkebunan Regeneratif

MIX.co.id - Program Biodiverse & Inclusive Palm Oil Supply Chain (BIPOSC) dengan mengaplikasikan model perkebunan…

58 mins ago

Didukung Jaringan Global, TMI Tangani Klaim Secara Efektif

MIX.co.id – PT Asuransi Tokio Marine Indonesia (TMI), salah satu pemimpin pasar dalam asuransi pengangkutan…

3 hours ago

Propan Sandimas Experience Center Pamerkan Deretan Produk Inovatif hingga Layanan Konsultasi

MIX.co.id - Produsen cat lokal Propan Raya dan pemasok bahan bangunan Sandimas berkolaborasi menghadirkan Propan…

7 hours ago

Transvision Jalin Kerja Sama dengan Advance Digitals

MIX.co.id – Operator TV berbayar Transvision menjalin kerja sama strategis dengan Advance Digitals untuk memenuhi…

11 hours ago

Konsumen Indonesia Lebih Berhati-hati Berbelanja

MIX.co.id – Tingkat kepercayaan diri konsumen Indonesia ternyata tidak seoptimistis sebelumnya, yaitu setelah post-pandemic atau…

12 hours ago