Customer Experience Jadi Strategi IM3 di 2023, Seperti Apa Realisasinya?

MIX.co.id - Customer experience menjadi salah satu strategi utama IM3 (dari Indosat Ooredoo Hutchison) dalam membangun kedekatannya dengan pelanggan. Customer experience tersebut dihadirkan melalui optimalisasi jaringan, kampanye komunikasi maupun brand activation, hingga menawarkan peluang bisnis untuk local people.

Diungkapkan Ritesh Kumar Singh, Director and Chief Commercial Officer Indosat Ooredoo Hutchison, pada Desember ini (21/12), di Jakarta, “Customer experience ini kami hadirkan untuk seluruh masyarakat Indonesia, bagi mereka yang tinggal di pulau Jawa maupun di luar Jawa. Dan, kami melihat pasar di luar Jawa tumbuh signifikan, seperti di Sumatera, Kalimantan, hingga Nusa Tenggara.”

Lebih jauh ia menegaskan bahwa untuk mereka yang tinggal di luar pulau Jawa, pilihan yang mereka miliki sangat terbatas. Oleh karena itu, IM3 menghadirkan customer experience berupa kemudahan untuk berkomunikasi melalui optimalisasi jaringan hingga pelosok.

Jelang liburan Natal dan Tahun Baru (Nataru) misalnya, diakui Ritesh, IM3 sudah mengantisipasi peningkatan yang signifikan terkait permintaan data. “Untuk itu, kami telah mengoptimalisasi infrastruktur jaringan dan kapasitas jaringan, serta memastikan konektivitas internet yang cepat, makin luas, dan paling stabil untuk seluruh pelanggan saat menghadapi lonjakan trafik data,” ucapnya.

Diperkirakan akan ada lonjakan trafik data yang mencapai sekitar 11,5% selama momen liburan tahun baru dibandingkan rata-rata harian. Lonjakan tersebut diperkirakan dipicu oleh meningkatnya penggunaan aplikasi berjejaring sosial seperti WhatsApp, Facebook, Youtube dan juga aplikasi gaming seperti Mobile Legends, Roblox, PUBG dan aplikasi lainnya.

Dalam menghadapi potensi lonjakan lalu lintas data menjelang libur Tahun Baru 2024, Indosat meningkatkan konektivitas jaringannya secara proaktif dengan melakukan optimisasi pada 434 lokasi prioritas dan peningkatan kapasitas di 527 titik. Indosat juga telah menggelar uji coba jaringan di wilayah yang diprediksi akan mengalami peningkatan perjalanan selama liburan, seperti Trans Jawa, Trans Sumatera, Cikampek, Samarinda, dan Balikpapan.

Hasil uji coba tersebut memastikan kecepatan optimal jaringan Indosat di wilayah tersebut dengan mengaktifkan Command Center 24/7 yang berpusat di Indosat Ooredoo Hutchison Network Operation Center (INOC) dan Indosat Ooredoo Hutchison Service Operation (ISOC). Command Center ini didukung oleh kecerdasan buatan (AI/ML) dan otomatisasi di Network Operation Center agar dapat memantau ketersediaan dan kualitas jaringan.

Langkah pengembangan jaringan IM3 tersebut akhirnya diapresiasi oleh OpenSignal, yang kemudian mengukuhkan IM3 sebagai pemenang kategori The Most Consistent Experience pada Juni 2023. Sejatinya, apresiasi itu mengindikasikan keunggulan IM3 dalam menghadirkan konsistensi pengalaman seluler, terutama dalam melakukan panggilan video atau mengunggah gambar ke media sosial. Pencapaian pengembangan jaringan ini tentunya dapat menjadikan IM3 sebagai brand pilihan untuk kebutuhan internet generasi muda yang meningkat sepanjang tahun.

“Tidak hanya itu, customer experience juga kami hadirkan dengan memberikan literasi digital dengan melakukan roadshow ke sekolah-sekolah. Bahkan, kami juga memberikan peluang bisnis bagi masyarakat di daerah dalam bentuk partnership,” lanjutnya.

Diakui Ritesh, IM3 tidak bisa berjalan sendiri dalam menyajikan customer experience untuk para pelanggan. Oleh karena itu, IM3 mencari partner lokal untuk membuka toko service IM3 misalnya, termasuk untuk mengelola daerah di sekitarnya. Sejatinya, langkah tersebut juga menjadi cara IM3 dalam melakukan pemberdayaan local people.

Customer experience lainnya dihadirkan IM3 melalui Konser Musik Collabonation Tour. Program tersebut telah menjangkau ratusan ribu generasi muda, mulai dari Madiun, Purwokerto, Palembang, Bantul, Pamekasan, Mataram, Kupang, Samarinda, Parepare, Sumbawa Besar, Bandar Lampung, hingga Brebes.

“Melalui Collabonation Tour, kami juga mengundang para siswa atau pelajar, untuk menunjukkan bakat atau talenta mereka. Pemenangnya kemudian akan menjadi band pembuka di acara Konser Musik Collabonation Tour IM3. Memasuki tahun 2024, IM3 melalui Collabonation berkomitmen untuk menjangkau lebih banyak kota, tidak hanya fokus pada kota-kota besar, guna mendukung generasi muda dalam bidang seni dan musik,” pungkasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)