Sebagai kontribusi sosial terhadap dampak virus Corona (Covid-19) kepada pekerja lapangan, khususnya driver online, baru-baru ini, Dentsu Aegis Network (DAN) Indonesia menggelar kampanye di media sosial #DonasikanOngkosmu.
Melalui kampanye di Instagram ini, DAN Indonesia mengajak para pekerja kantoran yang kesehariannya menggunakan jasa layanan ride-hailing (seperti ojek ataupun taksi online) agar dapat tetap menyisihkan ongkos transportasinya kepada driver online yang sedang sulit mendapatkan orderan.
Dijelaskan Igun Wicaksono, Ketua Presidium Gabungan Aksi Roda Dua (Garda), “Pendapatan para pengemudi ojek online menurun sebesar 50% dan dianggap akan terus menurun hingga 80%, karena adanya kebijakan WFH (Work From Home) untuk mengurangi penyebaran virus Corona."
Driver online tidak beraktivitas seperti pekerja kantoran yang bisa menerapkan sistem WFH atau bekerja dari rumah. Sejatinya, mereka harus tetap bekerja di lapangan demi memenuhi kebutuhan sehari-hari mereka, meski penyebaran virus Corona terus terjadi.
"Inilah yang menjadi salah satu concern kami pada situasi pandemi seperti ini. Sekarang waktunya kita merefleksikan diri dan memberi perhatian lebih kepada orang-orang yang berperan penting di kegiatan kita sehari-hari," tambah Maya Watono, Country CEO di DAN Indonesia.
Menurut Executive Creative Director Dentsu One and Isobar Andreas, Gotong-royong sudah menjadi ciri khas bangsa Indonesia. "Dalam keadaan pandemi seperti ini, kami yakin bahwa masih banyak orang yang ingin tulus membantu, sehingga kami berusaha sebisa mungkin untuk memberikan wadah sederhana dengan memanfaatkan kebiasaan orang pada umumnya dan mengubahnya menjadi konsep donasi,” ujarnya.
Pada kesempatan ini, Dentsu juga melakukan segala upaya secara internal untuk mengantisipasi penyebaran virus corona dalam lingkungan kerja, seperti fasilitas pengecekan suhu tubuh dan sanitasi kantor, komunikasi peringatan kritis secara digital via DAN Alerts, serta sistem WFH yang sudah diberlakukan sejak 23 Maret 2020.
"Dengan digitalisasi sistem kerja yang telah diterapkan setahun lalu, Dentsu yakin dengan bekerja dari rumah pun seluruh karyawan bisa tetap memberikan solusi periklanan yang berkualitas terhadap para klien," tutup Maya.