Categories: News Trend

DOKU e-Wallet untuk Akuisisi User Baru

DOKU

Secara umum, e-money atau uang elektronik di Indonesia masih merupakan produk koplimenter (pelengkap) bagi orangorang yang telah memiliki rekening bank (banked people), sehingga penetrasinya di negeri ini belum maksimal. Sementara itu, di kalangan unbank people (orang yang belum memiliki rekening bank) DOKU belum banyak dikenal. Oleh karena itu, tantangan DOKU adalah mengedukasi pasar dan memberikan kemudahan penggunaan—sehingga mengalahkan penggunaan uang tunai. Demikian dituturkan Richmond Aldien, Senior VP Consumer Product DOKU, tentang penerimaan atau penetrasi e-money di Indonesia.

Diluncurkan pada April 2013, DOKU e-Wallet mencoba menjawab kebutuhan pasar akan instrumen pembayaran bagi unbakeddan bankedpeople di merchantmerchant online. Target market yang disasar adalah pengguna smartphone usia produktif yang berbelanja online. “DOKU e-Wallet merupakan layanan B2C untuk memperluas paymentecosystem—sebelumnya DOKU bergerak dalam bisnis paymentgateway.

DOKU e-Wallet, lanjut Richmond, diposisikan sebagai produk sinergi bersama dengan payment gateway dan remittance. Dengan demikian, katanya, positioning DOKU e-Wallet lebih sebagai alat untuk mengakuisisi user baru sekaligus sebagai kanal yang dapat digunakan oleh partner B2B DOKU untuk deliveryservicepartner tersebut ke user. Dari sisi fitur, katanya, DOKU lebih komprehensif. Dan dari sisi pengguna, DOKU dipakai oleh mereka yang sudah terbiasa melakukan transaksi elektronik untuk transportasi atau untuk membeli makanan.

Edukasi dilakukan DOKU guna memperkenalkan DOKU e-Wallet sekaligus mendorong masyarakat untuk mau menggunakan uang elektronik. “Edukasi perlu dilakukan ke semua pihak, terutama ke pengguna dan merchant,” terang Richmond. Edukasi antara lain dilakukan melalui placementdi media massa (Above the Line)dan kepada targetedaudience, yaitupenggunaaplikasi DOKU. Edukasi juga dilakukan melalui gimmick, yaitu memberikan insentif atau reward kepada pengguna yang telah berpartisipasi.

“Di sisi lain, edukasi juga perlu dilakukan kepada partner dan merchant secara terus menerus dalam program bulanan, dimana reminder atau refreshmenttraining diberikan. Sedangkan lewatfrontlinepartner, kami bisa mendapatkan masukan tentang kendala di lapangan dan memberikan update mengenai perbaikan serta hal-hal baru,” paparnya.

Pada saat penetrasi 2007, katanya, DOKU pernah menggelar berbagai program, antara lain, penambahan jumlah merchant, penambahan billerbiller baru dan jenis pembayaran baru, memberikan reward kepada pengguna, serta bermitra dengan B2B dalam open platform untuk memperluas jangkauan pemasaran dan memberikan nilai tambah berupa fungsi e-money dan ewallet kepada para partner.

Berbagai program tersebut, menurut Richmond, berdasarkan analisis transaksi user DOKU e-wallet, telah berhasil meningkatkan ticket size (nominal per transaksi) dengan rata-rata spend di atas Rp400 ribu per transaksi—pada umumnya untuk gamesonline dan e-commerce.Tren ini dipicu oleh keberagaman dari usage dan fitur e-wallet kami serta indikasi bahwa usere-wallet kami merasa nyaman untuk bertransaksi online dengan menggunakan DOKU e-wallet,” tutupnya.

Dwi Wulandari

Recent Posts

Ramaikan Pasar Kuliner di Indonesia, Ayam Cap Nikmat dan Jus Aja! akan Buka Peluang Kemitraan

MIX.co.id - PT Mitra Boga Ventura (MBV Group) resmi meluncurkan brand kuliner terbarunya, Ayam Cap…

12 hours ago

Sharp Umumkan Pemenang Program “Sharp Lovers Day-Fiestapora”

MIX.co.id - Program "Sharp Lovers Day-Fiestapora" baru saja berakhir pada penghujung Maret 2024 lalu. Sukses…

1 day ago

MGID Raih Penghargaan “Asia-Pacific Stevie Awards 2024”

MIX.co.id - Platform periklanan global MGID berhasil menyabet penghargaan Bronze Stevie® Awards di ajang "Asia-Pacific…

1 day ago

MPMInsurance Edukasi Pentingnya Memiliki Asuransi Kendaraan

MIX.co.id – Perusahaan asuransi umum MPMInsurance, anak perusahaan PT Mitra Pinasthika Mustika Tbk. mengedukasi pentingnya…

1 day ago

Kinerja Solid, Prudential Tumbuh 15 Persen Sepanjang 2023

MIX.co.id – Kinerja apik berhasil ditorehkan PT Prudential Life Assurance (Prudential Indonesia) dan PT Prudential…

2 days ago

PropertyGuru Indonesia Property Awards 2024 Hadirkan Kategori Baru

MIX.co.id - Program "PropertyGuru Indonesia Property Awards" akan kembali digelar pada 23 Agustus 2024 mendatang…

2 days ago