Dorong UMKM Ekspansi ke Pasar Global, MIND dan Shipper Berkolaborasi

MIX.co.id - Platform ekspor B2B (Business to Business) MADEININDONESIA.COM (MIND) bersama perusahaan rintisan logistik, Shipper Indonesia (Shipper), resmi menjalin kemitraan strategis, pada hari ini (19/8). Kemitraan strategis ini dilakukan untuk memperkuat layanan logistik dan pergudangan secara menyeluruh (end-to-end) guna meningkatkan ekspansi global serta kesempatan dagang bagi pelaku usaha Indonesia, khususnya UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah), di mancanegara.

Kemitraan ini berangkat dari fakta bahwa UMKM merupakan tulang punggung perekonomian Indonesia, di mana data BPS menunjukkan bahwa 64 juta UMKM berkontribusi terhadap 60% total PDB Indonesia serta menyerap 97% tenaga kerja. Sayangnya, UMKM sulit menembus pasar ekspor, karena berbagai kendala, antara lain kendala logistik. Tak heran jika, kontribusi UMKM terhadap ekspor masih tercatat rendah, yakni hanya 14,37%.

Sejak awal, MIND bertindak sebagai ekosistem digital satu atap untuk menyediakan layanan end-to-end yang didukung oleh lebih dari 48 mitra strategis. MIND menghadirkan berbagai layanan, seperti perbankan, asuransi ekspor, perusahaan logistik, serta layanan verifikasi dan sertifikasi. Beberapa kementerian dan pemerintah daerah juga telah menjalin kerja sama, khususnya terkait pemberdayaan UMKM dan peningkatan ekspor dari Indonesia.

Sebagai bagian dari perjanjian kerja sama, Shipper akan mengelola dan mengoperasikan gudang milik MIND untuk tujuan ekspor. Dengan pengelolaan gudang tersebut, proses distribusi produk yang tersedia di platform MIND dapat diproses lebih baik dan lebih cepat.

Pendiri dan CEO MIND Ilyas Bhat mengatakan, kemitraan bersama Shipper akan membantu perusahaan untuk menyediakan layanan “fulfilment” dan logistik yang luas di Indonesia. Kemtiraan ini juga akan semakin memperkuat sumber daya perusahaan untuk menyediakan layanan jasa digital end-to-end untuk melakukan ekspor dari Indonesia. “Kami berharap kerja sama ini bisa semakin memperkuat bisnis kedua pihak dan dapat meningkatkan volume ekspor Indonesia,” harapnya.

Ditambahkan Budi Handoko, Pendiri dan COO Shipper, “Shipper dirancang untuk memberikan akses yang lebih luas dan merata terhadap layanan logistik berkualitas di seluruh Indonesia, khususnya bagi pelaku UMKM. Shipper menyediakan jasa pemenuhan (fulfillment) dan pengiriman melalui jaringan pusat pemenuhan (fulfillment centers), mitra pengiriman dan titik ritel yang dikelola secara digital.”

Saat ini, lanjutnya, Shipper memanfaatkan solusi teknologi digital fulfillment dalam pengelolaan pergudangannya di lebih dari 200 lokasi dengan luasan mendekati 600.000 m2 di seluruh Indonesia. Kegiatan operasional pergudangan Shipper juga telah mendapatkan Sertifikasi Sistem Manajemen Kualitas ISO 9001:2015.

“Kami berharap kerjasama ini dapat mendukung operasional MIND dalam penanganan logistiknya,” ungkap Budi, yang menyebutkan bahwa selain jasa pergudangan, Shipper juga telah bermitra dengan lebih dari 40 pihak 3PL untuk jasa pengiriman barang di dalam negeri maupun ke mancanegara.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)