Dukung Indonesia Bebas Stunting, Kalbe Edukasi tentang Pentingnya Protein

MIX.co.id - Memanfaatkan momentum Hari Gizi Nasional, Kalbe Farma melalui Kalbe Ethical Customer Care (KECC), menggelar program edukasi tentang pentingnya protein untuk mendukung "Indonesia Bebas Stunting".


Digelar pada hari ini (25/1) di Jakarta, program edukasi ini menghadirkan sejumlah pembicara pakar, antara lain Dokter Spesialis Gizi, dr. Marya Haryono, M.Gizi, Sp.GK., FINEM.

Diungkapkan Marketing Deputy Director PT Kalbe Farma Tbk. dr. Selvinna, M.Biomed, "Kalbe mendukung Indonesia Bebas Stunting untuk mencapai Generasi Emas 2045 dengan pemenuhan nutrisi gizi seimbang bagi anak, dewasa, hingga lansia. Oleh karena itu, Kalbe aktif dalam edukasi kesehatan terkait stunting di berbagai komunitas, termasuk edukasi melalui media.

Massifnya program edukasi yang dilakukan Kalbe cukup dimaklumi. Mengingat, berdasarkan data Survei Status Gizi Balita Indonesia (SSGBI) tahun 2021, prevalensi stunting masih berada pada angka 24,4 persen atau 5,33 juta balita.

Pada kesempatan yang sama, Dokter Spesialis Gizi, dr. Marya Haryono, M.Gizi, Sp.GK., FINEM memaparkan, Indonesia bebas stunting dapat tercapai apabila terpenuhinya pemberian nutrisi adekuat selama 1.000 hari pertama kehidupan anak lebih baik lagi, jika selama siklus kehidupan seseorang. Nutrisi adekuat diperlukan sejak awal kehamilan, menyusui, pemberian MPASI hingga anak berusia dua tahun.

“Nutrisi yang adekuat artinya harus memenuhi seluruh unsur nutrisi, termasuk protein. Jika pemenuhan energi seseorang cukup tetapi jumlah protein tidak memadai, tentu akan mengganggu pembentukan sel-sel yang sehat. Demikian pula bila terjadi defisiensi unsur nutrisi lain. Makanan sumber protein akan menyediakan asam amino bagi tubuh kita,” terang dr. Marya.

Protein dari makanan sehari-hari dapat berasal dari sumber hewani dan nabati. Contoh protein hewani adalah putih telur, ikan, ayam, daging merah, hingga susu. Sedangkan sumber nabati, di antaranya tahu, tempe, maupun kacang-kacangan. Semua sumber protein bermanfaat baik bagi tubuh manusia. “Salah satu alternatif asupan protein adalah susu, dan lebih baik lagi jika susu bernutrisi,” imbuh dr. Marya.

Terkait pemenuhan kebutuhan gizi harian anak, Product Management PT Kalbe Farma Tbk. Apt. Veronika Karina Harijadi, S.Farm, menuturkan bahwa Kalbe memiliki produk Entrakid. Produk tersebut juga dapat diberikan kepada anak dengan problema makan, seperti pada kondisi pemenuhan gizi yang sulit dipenuhi dari makanan biasa, tahap penyembuhan sakit, anak sulit makan, dan berat badan kurang.

“Entrakid diformulasikan dengan mengikuti prinsip gizi seimbang dengan kandungan 55 persen karbohidrat, 12 persen protein, dan 30 persen lemak untuk mendukung tumbuh kembang yang optimal, dan dapat dikonsumsi untuk anak usia 1-12 tahun,” urai Karina.

Selain mengandung mengandung tinggi protein, Omega 3, 6, dan DHA untuk perkembangan otak anak, lanjutnya, Entrakid juga dilengkapi serat pangan inulin. Manfaatnya, untuk menjaga saluran pencernaan anak.

Selain itu, Kalbe juga memiliki Entrasoy. Produk nutrisi lengkap dan seimbang tinggi protein dari Kalbe tersebut mengandung 100 persen protein nabati dari soy isolate protein dengan kandungan lemak dan gula yang lebih rendah. Entrasoy diformulasikan untuk membantu memenuhi kebutuhan gizi harian anak dengan intoleransi laktosa maupun alergi protein sapi.

“Entrasoy mengandung 59,5 persen karbohidrat, 22,5 persen protein, 18 persen lemak serta dilengkapi dengan 8 mineral, dan 12 vitamin yang membantu memenuhi kebuthan protein harian anak-anak hingga dewasa. Plant based nutrition drink ini dirancang khusus untuk menjaga kesehatan saluran cerna karena kaya akan serat pangan,” pungkas Karina.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)