MIX.co.id - PT Uni-Charm Indonesia Tbk. resmi meluncurkan produk pembalut wanita terbarunya, Charm Herbal Ansept+ Bio, pada awal Juni ini. Produk baru ini menggunakan bio material di kemasan luar, kemasan individual, dan top sheet untuk pertama kalinya di Unicharm Group. Selain itu, bio material juga digunakan pada bagian back sheet, sehingga dapat mengurangi penggunaan jumlah plastik berbahan dasar minyak bumi.
Sejatinya, minyak bumi sangat bermanfaat bagi kehidupan manusia. Minyak mentah adalah bahan bakar fosil yang dihasilkan oleh perubahan kimia pada bangkai organisme hidup dari ratusan tahun yang lalu. Namun, karena energi ini tidak dapat diperbarui, sehingga penggunaannya terbatas, dan diperkirakan dalam sekitar 50 tahun mendatang akan habis.
Untuk itu, sebagai salah satu bentuk pelaksanaan slogan PT Uni-Charm Indonesia Tbk., Ethical Living For SDGs, maka Uni-Charm dilakukan sebagai upaya untuk membentuk lingkungan yang berkelanjutan dengan menggunakan sumber daya yang dapat diperbarui. “Charm Herbal Ansept+ Bio yang diluncurkan kali ini sebagian materialnya berasal dari sumber daya yang dapat diperbarui dan berasal dari tumbuhan, yaitu tebu,” ujarnya.
Ditambahkan PT Uni-Charm Indonesia Tbk. Presiden Direktur Yuji Ishii, untuk meluncurkan pembalut menggunakan Bio Material, departemen R&D kami melakukan riset selama kurang lebih empat tahun, dan bekerja sama dengan badan riset dalam dan luar negeri untuk melakukan trial and error berulang kali.
“Hasilnya, kami berhasil meluncurkan Charm Herbal Ansept+ Bio yang top sheet, yaitu bagian yang bersentuhan langsung dengan kulitnya menggunakan Bio Material yang dibuat dari saringan serat tebu, dalam edisi terbatas. Selain itu, back sheet, kemasan individual dan kemasan luarnya juga menggunakan Bio Material. Upaya ini merupakan pertama kalinya bagi Unicharm Group, yang kami anggap akan dapat berkontribusi pada pengurangan plastik berbahan dasar minyak bumi,” paparnya.
Melanjutkan launching pembalut Charm Safe Night dan masker Protect Pollution dalam kemasan kertas di tahun 2021 lalu, lanjut Yuji Ishii, di tahun ini Uni-Cahrm juga meluncurkan popok bayi MamyPoko Royal Soft New Born tipe perekat dengan kandungan kapas organik dalam edisi terbatas pada pertengahan Juni, untuk dijual terutama di online shop. “Di samping itu, untuk mempenetrasikan Ethical Living for SDGs, akan dibuat Ethical Living Corner di Official online shop yaitu Lazada, Shopee, Tokopedia, dan Blibli,” terangnya.
Dari 17 target SDGs (Sustainable Development Goals) yang dicanangkan, melalui peluncuran ini, Uni-Charm berupaya untuk berkontribusi pada target No.1, yakni “Konsumsi dan produksi yang bertanggung jawab”. Ke depannya, diakuinya, Uni-Charm akan terus berusaha untuk memecahkan masalah konservasi lingkungan dan sosial, serta berkontribusi pada perwujudan SDGs.