Edukasi tentang Industri Asuransi dan Outlook 2022, Allianz Gelar Diskusi Virtual

MIX.co.id - Pemulihan ekonomi nasional harus didukung oleh para pelaku industri. Tanpa terkecuali, pelaku di industri asuransi dan media, yang terbukti juga memegang peranan penting dalam memulihkan perekonomian Indonesia. Lantaran, pelaku industri asuransi dan media secara konsisten mendorong masyarakat mendapatkan informasi dan edukasi mengenai literasi keuangan dan asuransi secara masif.

Untuk itu, Allianz Indonesia selalu menggandeng media dalam setiap strategi komunikasinya. Allianz Indonesia senantiasa mengapresiasi setiap bentuk sinergi yang ada dalam proses penyaluran informasi tepat guna pada masyarakat.

Menutup 2021 serta memasuki 2022 dengan optimis, Allianz Indonesia menggelar diskusi virtual untuk media bertajuk "How Insurance and Media Survive During the New Normal and Get Ready for 2022". Pada kesempatan itu, sejumlah pembicara yang hadir adalah Karin Zulkarnaen, Chief Marketing Officer Allianz Life Indonesia; Poltak Hotradero, Peneliti Senior & Ekonom di Bursa Efek Indonesia; dan Tri Agung Kristanto, Wakil Pemimpin Redaksi Harian Kompas.

Allianz Indonesia bersama para pembicara mengulas mengenai strategi bertahan di tengah sulitnya keadaan krisis pandemi Covid-19, serta bagaimana industri optimis melangkah masuk ke 2022. Dipaparkan juga paparan Outlook Ekonomi Makro 2022 serta digitalisasi asuransi.

“Seiring dengan perkembangan teknologi digital di era revolusi industri 4.0, pemerintah dan sektor privat akan terus berakselerasi mengadaptasi teknologi digital untuk memberikan kemudahan dan menyesuaikan kebutuhan manusia, terutama di tengah normal baru ini. Demikian juga sektor asuransi yang terus bertransformasi ke arah digital untuk memberikan layanan terbaik dan menjaga kelangsungan bisnis ke depannya. Nasabah dan masyarakat dapat memilih layanan, melakukan transaksi, pengajuan klaim hingga membayar tagihan hanya dengan satu portal saja," uraiPoltak Hotradero, Peneliti Senior & Ekonom di Bursa Efek Indonesia.

Sementara itu, berdasarkan data OJK (Otoritas Jasa Keuangan), industri asuransi membukukan pertumbuhan premi sebesar 18,35 persen per Juni 2021. Pertumbuhan ini mendorong Allianz untuk terus menciptakan inisiatif yang senantiasa mengutamakan customer experience, distributor experience, serta employee experience.

Allianz Indonesia telah menghadirkan berbagai inisiatif untuk menciptakan pengalaman berasuransi yang terdigitalisasi dengan menyesuaikan kebutuhan nasabah yang unik dan mengutamakan kemudahan. “Walau masih banyak pembatasan aktivitas, hal ini tidak menjadi penghalang bagi Allianz Indonesia untuk tetap menghadirkan inisiatif inovatif dalam memberikan informasi dan edukasi kepada masyarakat," jelas Karin Zulkarnaen, Chief Marketing Officer Allianz Life Indonesia.

Pada sepanjang tahun 2021, lanjut Karin, Allianz tetap menggelar literasi finansial dan edukasi asuransi secara rutin dalam format virtual, untuk nasabah dan masyarakat luas. Allianz juga terus memantau perkembangan pasar dan selalu konsisten dengan strategi bisnis yang dimiliki, agar dapat terus memenuhi kebutuhan nasabah yang berbeda-beda dan memberikan perlindungan ke lebih banyak masyarakat Indonesia.

"Sebagai sebuah perusahaan asuransi yang mengedepankan sustainability, kami senantiasa memperhatikan segi lingkungan, sosial dan governance dalam menjalankan bisnis. Allianz akan tetap fokus untuk bertumbuh dan terus mengembangkan ekosistem digital untuk memenuhi kebutuhan masyarakat akan perlindungan asuransi yang mengedepankan kemudahan serta keamanan data,” yakin Karin.

Ditambahkan Tri Agung Kristanto, Wakil Pemimpin Redaksi Harian Kompas, sekarang adalah momen krusial bagi media untuk terus bertahan dan menjadi sumber informasi bagi masyarakat. “Tahun 2021 juga tidak mudah bagi pelaku industri media, namun tidak mengurangi semangat idealisme kebanyakan pelaku industri untuk tetap menyajikan berita yang terpercaya di tengah ketidakpastian krisis ekonomi. Saat ini, teknologi informasi dan komunikasi menjadi tulang punggung penerapan teknologi digital dalam setiap aspek kehidupan manusia. Memahami hal itu, industri media pun berakselerasi guna mendorong tumbuhnya kemampuan literasi keuangan dan asuransi yang dipadukan dengan kemampuan literasi digital, yang menjadi modal penting masyarakat dalam menghadapi digitalisasi sektor jasa keuangan dan asuransi,” tuturnya.

Pada kesempatan ini, Allianz Indonesia juga menggelar puncak acara Allianz Journalist Writing Competition 2021, ajang kompetisi bagi insan jurnalis Indonesia, yaitu pengumuman para pemenang penulisan artikel terbaik. Kompetisi telah berjalan sepanjang tahun 2021 hingga ditutup pada November 2021. Ketiga dewan juri yang juga merupakan pembicara dalam webinar, mengumumkan sembilan rekan jurnalis yang berhasil menjadi pemenang penulis berita terbaik versi digital dan cetak, serta berita foto terbaik. Para pemenang selanjutnya berhak atas berbagai hadiah menarik yang telah disediakan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)