Ekspansi ke Sumsel, JD.ID Buka Warehouse ke-13 di Palembang

JD.ID secara resmi membuka warehouse ke-13 di Kota Palembang, Sumatera Selatan (Sumsel), pada hari ini (22/2). Kehadiran warehouse baru ini menandai ekspansi JD.ID ke berbagai pelosok di Tanah Air. Saat ini, 13 warehouse atau “Fulfillment Distribution Center” (FDC) yang dimiliki JD.ID telah ada di sejumlah kota seperti Jakarta, Surabaya, Semarang, Pontianak, Medan, Makassar, dan Palembang.

Selama hampir lima tahun beroperasi di Indonesia, JD.ID telah berhasil memikat banyak pelanggan setianya hingga ke wilayah Sumatera Selatan. Bahkan, jumlah pelanggan di area Palembang dan wilayah di sekitar-nya (seperti Jambi, Bengkulu, Bangka Belitung, dan Riau) dinilai sebagai pasar yang berpotensi tinggi bagi pertumbuhan bisnis JD.ID di Indonesia.

Sendy Sopacua, Head Of Warehouse and Logistic JD.ID, menerangkan, “Pembukaan warehouse atau hub distribusi terbaru di Palembang pada dasar-nya bertujuan untuk memperkuat kapabilitas logistik dari bisnis e-commerce JD.ID. Melalui pengembangan ini, kami dapat secara riil menyediakan Efficient Fulfillment Solutions, yakni pelayanan yang efektif dan efisien kepada para pelanggan dan mitra seller. Pembangunan Palembang FDC ini ditargetkan dapat memenuhi lebih dari 70% pesanan di wilayah-wilayah tersebut, secara lokal.”

Palembang FDC dibangun di atas lahan seluas 1.562 meter persegi. Dikatakan Sendy, pada pengoperasiannya, warehouse ini mengaplikasikan sistem manajemen logistik yang canggih dan terbarukan, bernama “Hybrid Supply Chain Management System”. Ini merupakan kombinasi dari strategi manajemen logistik “push” (dorong) dan “pull” (tarik).

“Dengan cara ini, JD.ID dapat meningkatkan kualitas pengalaman belanjaa tau berjualan para pelanggan dan mitra seller, terutama melalui penyusutan biaya kirim. Sehingga, produk yang dibeli oleh konsumen bisa diterima dengan lebih cepat dan hemat biaya,” lanjutnya.

Selain itu, menurutnya, pembukaan dari Palembang FDC juga diharapkan dapat menciptakan banyak lapangan kerja bagi masyarakat lokal Palembang, sekaligus men-transfer pengetahuan mengenai manajemen logistik dari salah satu perusahaan e-commerce terbaik tanah air.

Ditambahkan Leo Haryono, Chief Marketing Officer JD.ID, selain meningkatkan kualitas mutu pelayanan, pembukaan Palembang FDC juga mendemonstrasikan komitmen JD.ID untuk menghadirkan pelayanan yang inklusif bagi para konsumen dan mitra seller yang tersebar dari Sabang hingga Merauke. Dengan demikian, tidak hanya terpusat di ibukota.

“Melalui presensi Palembang FDC, JD.ID juga ingin memberikan fasilitas berjualan yang ramah bagi para pengusaha UMKM setempat, sehingga nantinya dapat menarik lebih banyak lagi penjual lokal untuk go digital bersama JD.ID, yang akhirnya dapat memberikan dampak pada bertambahnya ragam pilihan produk bagi konsumen JD.ID untuk berbelanja,” ungkap Leo.

Rencananya, JD.ID akan kembali membangun tiga fasilitas warehouse di dua kota di Pulau Jawa dan satu di Kalimantan yang kelak akan menambah jumlah hub distribusi perusahaan menjadi enam belas titik di sepuluh kota di Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)