ExporIONTheater, salah satu wahana edutainment ExporION di pabrik Otsuka di Sukabumi, Jawa Barat.
Selain konsisten mengembangkan inovasi produk, program edukasi terkait brand juga penting dan merupakan tanggung jawab perusahaan untuk meningkatkan awareness sekaligus consumer trust. Dilatari pemikiran tersebut, PT Amerta Indah Otsuka, produsen dari minuman isotonik Pocari Sweat, di penghujung Januari 2016 ini, kembali memperkenalkan konsep factory tour terbarunya dengan konsep edutaintment yang menggabungkan digital dan teknologi terkini, yaitu ExplorION.
“Sejak tahun 2008, kami membuka program kunjungan pabrik bagi masyarakat umum terutama anak-anak sekolah. Ini merupakan perwujudan komitmen kami dalam prinsip open factory. Saat ini, kami melakukan inovasi pada program factory tour dengan menambahkan fasilitas baru yang mengandung unsur experience, dimana pengunjung dapat ikut serta dalam sebuah petualangan secara interaktif,” ujar Pratiwi Juniarsih, Corporate Affairs Director PT Amerta Indah Otsuka.
Melalui konsep baru ini, imbuhnya, pengunjung dibekali dengan sebuah smart-tab yang dapat memberikan informasi mengenai pabrik serta proses produksi minuman isotonik Pocari Sweat yang memenuhi standar mutu, higienis, dan sanitasi yang terjaga. Dalam mewujudkan konsep digital ini, PT Amerta Indah Otsuka bekerja sama dengan AID-DCC, yang merupakan creative company dari Jepang, dalam menghadirkan konsep ExplorION.
Dijelaskan Yukihiro Tominaga, CEO dari AID-DCC.Inc., konsep factory visit ExplorION secara khusus dirancang untuk pabrik Otsuka. ExplorION terbagi ke dalam tiga petualangan seru. Pertama, Factory Tour App, dimana pengunjung dapat melihat seluruh area produksi yang tidak terlihat. Kedua, Original Name Bagde, dimana pengunjung akan membuat tanda pengenal yang sekaligus berfungsi sebagai paspor untuk memasuki ExporIONTheater. Dan yang ketiga adalah ExplorION Theater, dimana pengunjung akan diajak ke sebuah ruangan untuk ikut serta dalam petualangan dan memahami manfaat ion bagi tubuh,” terangnya.
Program ExplorION ini diterapkan atas dasar filosofi yang dianut Otsuka yaitu “Otsuka people creating new products for better health worldwide”. “ExplorION kami dedikasikan kepada konsumen yang berkunjung ke pabrik Otsuka dengan tujuan untuk memberikan edukasi dengan cara yang menarik dan menyenangkan. Kami berharap dengan adanya inovasi ini kami dapat memberikan pengetahuan mengenai pentingnya ion tubuh untuk kesehatan yang lebih baik kepada masyarakat Indonesia,” tutup Yoshihiro Bando, Presiden Direktur PT Amerta Indah Otsuka.