Fitur Canggih Kamera di Galaxy S21 Series 5G

Tidak harus  profesional untuk menghasilkan foto berkualitas, namun orang awam pun, dengan menggunakan smartphone Samsung Galaxy S21 Series 5G, ia mampu menjepret momen dengan hasil foto yang tidak kalah dengan seorang profesional.

Adagium itu memang bukan isapan jempol belaka karena Galaxy S21 Series 5G hadir sebagai smartphone canggih besutan terbaru Samsung untuk para social expressor yang dilengkapi fitur-fitur mumpuni.

“Bagi para social expressor, tidak ada yang lebih penting daripada kebebasan untuk mengabadikan dan mengekspresikan momen-momen terbaik mereka,” ujar Verry Octavianus, Product Marketing Manager Samsung Mobile, Samsung Electronics Indonesia.

Oleh karenanya, kehadiran Samsung Galaxy S21 Series 5G dengan teknologi kamera pro grade, bagaikan sebuah jawaban bagi para social expressor maupun kreator konten dalam berkarya sebebas mungkin, dengan hasil foto dan video terbaik di kelasnya.

Hadir dengan inovasi kamera terbaru kelas profesional sebagai keunggulannya. Pada Galaxy S21 5G dan Galaxy S21+ 5G, misalnya, disokong tiga kamera belakang yang terdiri dari kamera utama Wide 12 MP, Ultra Wide 12 MP, dan Telephoto 64 MP. Untuk kamera selfie-nya, Samsung menyematkan sebuah lensa 10 MP di bodi depan.

Sementara Galaxy S21 Ultra 5G, varian tertinggi dari Galaxy S21 Series 5G, punya spesifikasi kamera yang lebih premium dibanding kedua saudaranya. Ada empat kamera belakang yang terdiri dari kamera utama Wide 108 MP, Ultra Wide 12 MP, dan dua buah kamera Telephoto yang masing-masing beresolusi 10 MP, serta sebuah kamera selfie 40 MP di bagian depan.

Berikut fitur canggih yang dimiliki kamera Galaxy S21 Series 5G.

  • Single Take

Salah satu fitur kamera andalan dari Galaxy S21 Series 5G adalah Single Take. Melalui kecerdasan buatan, pengguna dapat mengambil berbagai macam gaya dan versi foto secara bersamaan dengan sekali klik.

Cara menggunakan fitur ini, pengguna hanya perlu menghabiskan waktu sekitar 10 detik untuk pengambilan gambar. Jika nantinya pengguna tidak dapat memutuskan versi foto mana yang disukai, kecerdasan buatan di Galaxy S21 Series 5G akan memilih foto yang dianggapnya terbaik.

Tak hanya sekadar foto, Single Take juga dapat menghasilkan tiga macam gaya video selain video asli, yang terdiri dari video kurasi gambar terbaik, time lapse, dan boomerang.

Untuk Single Take di Galaxy S21 Series 5G, Samsung telah melengkapinya dengan fitur pro mode seperti Dynamic Slow-Mo dan Highlight Video, menambah variasi konten gambar yang dihasilkan secara bersamaan.

  • Super Steady

Bagi YouTuber, gimbal stabilizer menjadi alat tambahan penting yang wajib digunakan untuk merekam video yang halus. Dengan Samsung Galaxy S21 Series 5G, pengguna bisa menciptakan video mulus tanpa dukungan alat tersebut.

Hal ini dikarenakan Samsung menghadirkan opsi mode Super Steady di Galaxy S21 Series 5G. Fitur ini mampu menghilangkan efek dari tangan gemetar dengan mengkalibrasi video, memprediksi gerakan pengguna, dan mengkalkulasi jangkauan dengan lensa Ultra Wide yang dimiliki Galaxy S21 Series 5G.

Untuk mengaktifkan Super Steady saat merekam video, pengguna cukup ketuk ikonnya di tengah bagian atas layar.

  • Video 8K

Aspek videografi juga menjadi salah satu unggulan yang dibawa Galaxy S21 Series 5G. Ketiga smartphone itu mampu merekam video beresolusi 8K.

Jika punya TV QLED 8K buatan Samsung, pengguna bisa menyaksikan langsung tayangan video 8K yang direkam melalui Galaxy S21 Series 5G ke TV tersebut. Berkat kemitraan Samsung dan YouTube maka pengguna bisa mengunggah video 8K secara langsung ke platform berbagi video.

  • Portrait Mode

Fitur Portrait Mode semakin mempermudah pengguna Galaxy S21 Series 5G dalam memotret suatu objek. Berkat teknologi kecerdasan buatan yang ditingkatkan, pengguna kini tidak perlu susah payah mengatur fokus dan cahaya untuk hasil portrait yang maksimal.

Kecerdasan buatan atau Artificial Intelligence (AI) membuat perangkat secara otomatis memisahkan antara objek dengan latar belakang, sehingga pengguna dapat dengan mudah menghilangkan atau memutihkan latar belakang, termasuk membuat efek bokeh yang latar belakang menjadi buram. Ini cocok bagi pengguna yang ingin mengabadikan momen terbaiknya dalam foto portrait yang epik.

  • Space Zoom

Samsung telah meningkatkan fitur Space Zoom di Galaxy S21 Series 5G, membuat fungsinya lebih baik dibandingkan dengan  Galaxy S generasi sebelumnya. Pengguna Galaxy S21+ 5G, misalnya, dapat melakukan zoom hingga 30x dengan lebih jelas dan stabil.

Semua ini dimungkinkan berkat adanya fitur Zoom Lock yang memanfaatkan teknologi AI untuk menjaga titik fokus tetap berada di tengah frame. Ini mempermudah pengguna untuk mengurangi guncangan saat mengambil foto objek dari kejauhan.

  • Director's View

Director's View menjadi fitur kamera terbaru yang dimiliki Samsung, dan itu dipakai pertama kali di smartphone Galaxy S21 Series 5G.

Fungsi ini memungkinkan pengguna untuk merekam video dengan mengaktifkan semua lensa yang ada di ponsel. Artinya, ketiga kamera belakang Galaxy S21 5G dan Galaxy S21+ 5G, serta keempat kamera belakang Galaxy S21 Ultra 5G menyala.

Director's View memberikan kebebasan kepada pengguna untuk merekam video dan beralih dari sudut pandang kamera Wide ke lensa Ultra Wide, Telephoto, atau sebaliknya. Pergantian sudut pandang ini dapat dilakukan saat pengambilan video, sehingga pengguna tidak perlu menghentikan atau pause rekamannya.

  • Vlogger View

Fitur ini memang dikhususkan bagi pengguna yang gemar menciptakan konten blog video atau vlog kesehariannya. Vlogger View memungkinkan pengguna untuk menggunakan kamera depan bersamaan dengan kamera belakang.

Dengan Vlogger View, pengguna bisa menangkap reaksi wajahnya sendiri saat merekam sesuatu dari kamera belakang Galaxy S21 Series 5G.

  • Multi-Mic Recording

Fitur ini merupakan fitur yang yang membuat pengguna tidak khawatir lagi soal noise yang mengganggu kualitas suara di rekaman video. Galaxy S21 Series 5G memiliki fitur merekam video dengan teknologi Multi Source Microphone. Dengan teknologi ini, sumber suara dapat diatur dari depan, belakang, maupun dari omni mic.

Fitur ini juga kompatibel dengan sumber suara dari external microphone melalui sambungan USB atau bahkan koneksi Bluetooth. Bahkan, fitur ini dapat maksimal jika kreator memakai Galaxy Buds Pro yang difungsikan sebagai clip-on mic, jadi sumber suara lebih jernih dan minim bocor.

Selain mumpuni pada kamera untuk hasilkan foto dan video terbaik, Galaxy S21 5G ternyata juga handal untuk para gamers bermain game.  Mereka yang punya passion di bidang eSport misalnya, tentu membutuhkan smartphone bertenaga agar permainan berjalan tanpa hambatan.

Di sinilah Galaxy S21 Series 5G dapat diandalkan. Sejumlah game berat yang populer seperti Mobile Legends, Call of Duty Mobile, Asphalt 9 dan PUBG Mobile bisa dimainkan dengan lancar tanpa kendala. Performa smartphone ini sangat bisa diandalkan untuk gaming, bahkan sampai level kompetitif.

Pada varian Galaxy S21 Ultra 5G  misalnya, dilengkapi dengan fitur pendukung gaming yang disebut Game Launcher. Fitur ini  merupakan sebuah aplikasi untuk optimasi smartphone saat digunakan untuk bermain game. Selain dapat memblokir notifikasi agar tidak mengganggu pengguna saat bermain game.

Yang tak kalah menarik adalah fitur Game Booster Plus, yang memungkinkan pengguna untuk memaksimalkan pengaturan grafis dan FPS di Galaxy S21 Ultra 5G saat digunakan untuk gaming. Kemudian ada Priority Mode. Dengan mengaktifkan fitur ini, kinerja smartphone akan dialirkan seutuhnya untuk menjalankan game yang dimainkan. Aplikasi lain yang berjalan di background juga akan ditutup agar tidak mengganggu jalannya aktifitas gaming.

Dengan segala kelebihan tersebut, tidak salah kalau Samsung Galaxy S21 Ultra 5G bakal bisa memberikan pengalaman gaming ala gamers profesional.  Hal ini karena menggunakan prosessor  Exynos 2100 yang memiliki kinerja tinggi dan lebih cepat 10% pada tingkat daya yang sama dengan prosessor  generasi sebelumnya. Meski begitu, konsumsi dayanya bisa lebih irit 20% sehingga durasi pemakaiannya relatif lebih panjang. ()

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)