Flip.id, aplikasi pionir yang menyediakan layanan transfer gratis antar bank, mencatat peningkatan pengguna sebanyak hampir 100% atau dua kali lipat selama pandemi. Padahal, sebelum pandemi, transaksi pengiriman uang lebih didominasi melalui penggunaan ATM (Anjungan Tunai Mandiri).
“Saat ini, kami melihat peningkatan kebutuhan masyarakat untuk melakukan transaksi kirim uang secara online. Sebelumnya, lebih didominasi penggunaan ATM. Pandemi juga membuat banyak orang memperketat pengeluaran mereka, sehingga layanan transfer antar bank gratis yang ditawarkan oleh Flip.id bisa menjadi salah satu solusi untuk mengurangi pengeluaran. Hal ini terlihat dari jumlah pengguna Flip.id yang semakin meningkat di era pandemi,” ungkap Rafi Putra Arriyan, CEO dari Flip.id.
Oleh karena itu, demi memenuhi kebutuhan transfer antar bank yang kian meningkat, Flip.id menggandeng PT Bank DBS Indonesia sebagai mitra. Solusi teknologi yang dimiliki PT Bank DBS Indonesia, yakni DBS RAPID, memungkinkan Flip.id untuk dapat menjalankan proses transfer antar bank bagi nasabahnya dengan lancar dan tanpa hambatan.
DBS RAPID mengintegrasikan pemrosesan secara real time terkait pembayaran, dan mempermudah transaksi bisnis di jaringan (ekosistem) mereka. Pemenuhan transaksi real time tidak hanya meningkatkan efisiensi untuk nasabah korporasi PT Bank DBS Indonesia dan penghematan biaya, tetapi juga memberikan pengalaman dan menempatkan nasabah korporasi PT Bank DBS Indonesia sebagai pemimpin pasar di industrinya.
Melalui layanan perbankan korporasi DBS RAPID, PT Bank DBS Indonesia memungkinkan nasabah korporasinya untuk dapat mengubah alur kerja operasionalnya menjadi digital dengan proses yang lancar tanpa hambatan.
“Kami selalu berupaya untuk membantu nasabah korporasi kami dalam melakukan bisnisnya, salah satunya Flip.id,” ungkap Husin Hartono, Head of Sales Global Transaction Services PT Bank DBS Indonesia.
Menurutnya, DBS RAPID memungkinkan koneksi langsung antara sistem Flip.id dengan sistem PT Bank DBS Indonesia. Dengan demikian, Flip.id dapat memberikan instruksi untuk transaksi langsung dari sistem mereka, tanpa harus melakukan login ke portal internet banking.
Angela Thenaria, Head of Institutional Banking Group 4 PT Bank DBS Indonesia, menambahkan, “Bank DBS Indonesia senantiasa berupaya menyediakan layanan-layanan perbankan korporasi yang mengakomodir kebutuhan nasabah korporasi kami sehingga memudahkan mereka dalam menjalankan bisnisnya. Salah satunya adalah PT Fliptech Lentera Inspirasi Pertiwi atau Flip.id yang telah menjadi nasabah kami sejak tahun 2019. Sebagaimana Flip.id memungkinkan penggunanya untuk melakukan transfer antar bank secara real time dan tanpa biaya, kami sebisa mungkin mendukung Flip.id menjalankan bisnisnya dengan solusi teknologi yang mulus dan tanpa hambatan.”
Melalui kemitraan ini, Flip.id dan PT Bank DBS Indonesia dapat memudahkan masyarakat dalam melakukan transfer antarbank, secara online. Selain itu, pengguna aplikasi Flip.id kini dapat melakukan transfer bebas biaya dari atau ke PT Bank DBS Indonesia.
Bahkan, pelaku bisnis mikro pun dapat terbantu dengan layanan transfer bebas biaya antar bank melalui aplikasi Flip.id. Bisnis mikro dapat menghemat pengeluaran operasional saat harus melakukan transaksi kirim uang ke supplier maupun konsumen .
Selain untuk pengguna individu atau perseorangan dan bisnis mikro, kerja sama antara Flip.id dan PT Bank DBS Indonesia juga dapat membantu korporasi. “Melalui layanan untuk mitra perusahaan Flip yang disebut dengan Big Flip, perusahaan pengguna Big Flip juga memiliki kanal alternatif untuk melakukan proses pembayaran ke PT Bank DBS Indonesia,” tutup Rafi.