BMW Group Indonesia bersama sejumlah dealer resminya menggelontorkan dana investasi sebesar Rp 14 miliar untuk ekspansi ke unit bisnis mobil seken BMW Premium Selection (BPS) yang bersertifikat. Rencananya, mobil-mobil seken BMW tersebut akan dipasarkan di empat showroom-nya di Jakarta. Maka, bertempat di Hotel Grand Hyatt, Jakarta, Rabu (6/2) lalu, BMW Indonesia secara resmi menandatangani kerja sama unit bisnis baru tersebut dengan menggandeng empat perusahaan dealer.

Melalui kerja sama dengan empat perusahaan dealer, BMW Indonesia menargetkan akan mampu mencapai estimasi penjualan sebanyak 600 unit dari BMW Premium Selection (BPS).

Keempat perusahaan tersebut diantaranya PT Astra Autoprima, PT Bestindo Car Utama, PT Eurokars Prima Indonesia, dan PT Tunas Asset Sarana, yang akan menjual unit BPS di ke-empat showroom miliknya.

“Kami mengantisipasi akan terus tumbuhnya pasar mobil premium di Indonesia. BMW premium Selection akan menjadi salah satu strategi kami meningkatkan re-sale value BMW, dan sekaligus memperkuat basis pemilik BMW di pasar, serta memperkuat brand awareness, “ucap Ramesh Divyanathan, Presiden Direktur BMW Group Indonesia.

Sejak memperkenalkan BPS pada tahun 2003 silam, lanjut Ramesh, pihaknya melihat adanya peningkatan harga jual mobil seken BMW , terutama di Bestindo Car Utama pada 2006. Melalui kerja sama dengan empat perusahaan dealer, BMW Indonesia menargetkan akan mampu mencapai estimasi penjualan sebanyak 600 unit dari BPS dengan harga jual di kisaran di bawah Rp 500 juta per unitnya, di sepanjang 2013 ini.

“Walaupun skala pasar mobil premium baru sekitar 1%, tapi Indonesia adalah pasar potensial, khususnya untuk pasar mobil premium seken,” ujar Ramesh menyakini.

Ia menjelaskan, secara keseluruhan, segmen pasar mobil premium global hanya sebesar 40%, dan tidak sebesar segmen mass car. Dari besaran segmen global, Indonesia hanya memiliki 0,6% market premium car, jauh lebih kecil dari Malaysia yang mencapai 2,6%.

Namun saat ditanya mengenai defresiasi nilai jual, ia mengatakan, memang lebih kecil tapi tidak sampai jatuh. “Hal tersebut tergantung dari bagaimana kualitas perawatan, dan tergantung pula kepada mobil dan tipe mobil itu sendiri.” seru Ramesh.

Untuk itu, Helena Abidin, Corporate Communication Director BMW Indonesia menuturkan, “Ada beberapa ketentuan unit BMW seken yang akan di jual dalam koleksi BPS, yaitu memiliki usia kendaraan kurang dari lima tahun atau kurang dari 80 ribu km dengan jaminan selama satu tahu. Selain itu, semua mobil juga sudah pasti memiliki sejarah servis dari dealer resmi BMW serta pengecekan kualitas total 360 derajat. Sehingga kami menjamin kualitas yang diterima oleh konsumen,” pungkasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)