Gandeng DOKU, Tunas Group Hadirkan Aplikasi Tunas Friend

Digital dan online memang tak terhindarkan bagi hampir semua industri bisnis. Tanpa terkecuali, industri otomotif. Dikatakan Rahmanda Rizki Pratama, Marketing Communication Section Head Tunas Group selaku group dealer otomotif resmi independen terbesar untuk Toyota dan Daihatsu, sejak tahun 2016, Tunas Group sudah menghadirkan layanan online, antara lain dengan bekerja sama dengan Lazada. “Selanjutnya, kami juga menggandeng e-commerce besar lainnya, yakni Blibli.com dan Tokopedia,” ucapnya.

Diakui Rahmanda, pada tahun 2016 memang belum terjadi transaksi di kanal online tersebut. Namun, pada awal tahun 2017, transaksi mulai terjadi. “Saat ini, transaksi online memang belum bisa dibandingkan dengan offline. Persentasenya tidak lebih dari 20%. Meski demikian, pertumbuhannya cukup signifikan. Kebiasaan konsumen untuk melakukan transaksi online karena mereka menginginkan kemudahan pembayaran dan cicilan,” terangnya.

Shifting kebiasaan konsumen yang makin mengarah pada kanal online, ditegaskan Rahmanda, meyakinkan Tunas Group untuk meluncurkan aplikasi ‘Tunas Friend’. Peluncuran tersebut juga sebagai strategi Tunas Group untuk meningkatkan kualitas layanan pelanggan melalui pemanfaatan teknologi sebagai platform terpadu informasi.

“Selain memberikan kemudahan akses seputar informasi otomotif, aplikasi Tunas Friend juga dilengkapi dengan fitur e-wallet, dimana Tunas Group bersinergi dengan DOKU sebagai penyedia layanan pembayaran eletronik dan manajemen resiko berlisensi, untuk menghadirkan fitur e-wallet di dalam aplikasi Tunas Friend,” paparnya.

Istimewanya, semua jenis layanan Tunas Group yang tadinya bersifat ‘offline’--seperti simulasi perhitungan kredit kendaraan, layanan perawatan kendaraan (service history, dan estimasi service berikutnya, sampai dengan permintaan test drive--kini telah terintegrasi dalam aplikasi Tunas Friend.

“Selain dapat mengakses layanan konvensional Tunas Group secara online, kami juga memanfaatkan aplikasi Tunas Friend untuk menjangkau pelanggan lebih dekat melalui promo-promo dan program direct Marketing lainnya yang menarik. Kami berharap tidak hanya mudah digunakan, namun aplikasi ini juga dapat memperluas jangkauan penjualan serta meningkatkan interaksi antara Tunas Group dan pelanggan,” lanjut Rahmanda.

Lebih lanjut ia mengatakan bahwa melalui aplikasi Tunas Friend yang dilengkapi dengan fitur e-wallet, Tunas Group ingin memberikan pengalaman baru bagi para pelanggan. Artinya, selain informasi seputar otomotif, mereka juga memperoleh manfaat dan fungsi aplikasi yang lebih luas. Intinya kami ingin mengusung semangat one stop shopping with new automotive experience,” ia menegaskan.

Melalui fitur e-wallet yang berada di dalam aplikasi Tunas Friend, diuraikan VP Merchant Business DOKU Irfan Burhan, pelanggan dapat melakukan beragam jenis transaksi e-Commerce. Mulai dari belanja online di ribuan merchant DOKU, membeli pulsa/paket data dan token listrik, melakukan transfer dari dan ke bank lokal manapun, hingga belanja offline serta tarik tunai di Alfamart.

“Kehadiran fitur e-wallet di dalam aplikasi Tunas Friend tak semata tentang memberikan kemudahan bagi pelanggan Tunas Group dalam melakukan beragam transaksi online yang mendukung gaya hidup modern, tapi juga menambahkan keberagaman fungsi yang bermanfaat bagi pelanggan Tunas Group,” yakin Irfan.

Pada fase awal, kata Irfan, DOKU akan membenamkan fitur-fitur basic yang ada di DOKU e-Wallet pada fitur e-wallet di aplikasi Tunas Friend. Selanjutnya, DOKU akan terus menambahkan fitur-fitur baru yang pastinya akan semakin menambah kenyamanan bertransaksi para pelanggan. Contohnya, fitur pembayaran cicilan mobil dan pembayaran biaya perawatan mobil langsung di dealer-dealer Tunas Group dengan menggunakan fitur e-wallet.

Marketing & Business Development Tunas Group Dannan Dwiyan menerangkan, “Melalui aplikasi Tunas Friend, para pelanggan maupun calon pengguna, baik Toyota maupun Daihatsu, juga dapat mengakses informasi lengkap tentang mobil yang mereka inginkan. Mulai dari mencari model mobil, mengetahui detail spesifikasi mobil sampai kebutuhan after sales, termasuk informasi tentang jaringan cabang Tunas Group yang tersebar di wilayah Jabodetabek dan Bandung yang didukung oleh Call Center kami.”

Rahmanda menambahkan, saat ini aplikasi Tunas Friend sudah tersedia dan dapat diunduh langsung dari Google Play. Sebagai promo perdana, pelanggan langsung mendapatkan Gratis 1 Liter Oli untuk mereka yang melakukan servis berkala 10.000 – 50.000 km dengan booking service melalui aplikasi Tunas Friend.

“Melalui program promo seperti itu, kami berharap 70% pembeli Toyota dan Daihatsu tiap bulannya dapat menggunakan aplikasi Tunas Friend ini. Adapun jumlah penjualan Toyota dan Daihatsu di Tunas Group per bulannya mencapai 2.200,” tutupnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)