MIX.co.id - Public Relations (PR) menjadi salah satu pendekatan yang banyak dipilih para pengelola merek dalam membangun citra merek maupun reputasi perusahaan. Bahkan, PR juga dinilai efektif untuk melakukan edukasi ke masyarakat. Oleh karena itu, pendekatan PR juga menjadi pilihan Blibli dalam memperkuat reputasi sekaligus citranya sebagai eCommerce yang menempatkan kepuasan pelanggan atau customer satisfaction sebagai yang utama.
Jelang perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-11, Blibli menggandeng Forwat (Forum Wartawan Teknologi) menggelar program Warehouse Visit. Melalui program tersebut, Blibli mengajak media berkunjung ke warehouse atau pusat logistiknya di Bekasi. Sejumlah media nasional, baik cetak maupun online, diajak melihat langsung proses operasional Blibli dalam memenuhi pesanan pelanggan, mulai dari hulu hingga hilir.
“Blibli senantiasa memastikan kesiapan operasional perusahaan dalam memenuhi pesanan guna menjamin kepuasan pelanggan di setiap pengalaman belanja. Dan, untuk menghadirkan operational excellence di tiap lini, sudah pasti warehouse dan logistik Blibli menjalankan peran penting,” ungkap Lisa Widodo, COO dan Co-Founder Blibli.
Dalam rangkaian kunjungan tersebut, media atau para jurnalis diajak untuk berkeliling dan melihat langsung seluruh proses yang terjadi di dalam warehouse, mulai dari proses pengemasan produk yang dipesan pelanggan, hingga tempat penyimpanan produk yang aman dan terjaga kualitasnya. Bahkan, untuk produk makanan yang non-halal, meski sudah dalam bentuk kaleng, Blibli memiliki area yang terpisah.
Ditegaskan Lisa, proses di warehouse menjadi salah satu kunci kepuasan pelanggan. Apalagi, Blibli memiliki solusi pengiriman “2 Hour Delivery” atau Dua Jam Sampai, yang telah direspon positif oleh pasar. Selain itu, Blibli juga memiliki layanan lain yang sangat terkait dengan proses di warehouse, yakni Scheduled Delivery, di mana pelanggan dapat menentukan jadwal pengantaran pesanan yang mereka inginkan.
“Blibli menjalankan salah satu layanan logistik terbaik di industri melalui solusi Fulfillment by Blibli yang memiliki 14 warehouses yang beroperasi 24 jam dengan total luas lebih dari 130.000 m2, 33 hubs, serta armada pengiriman BES Paket berisi lebih dari 750 tenaga profesional dan berpengalaman,” klaim Lisa.
Dalam rangkaian kunjungan ke warehouse ini, Blibli juga memperkenalkan moda transportasi eco-friendly yang akan memperkuat armada kurir Blibli untuk mengirim produk fresh and frozen, khususnya di area Jabodetabek. Penyediaan e-bike ini merupakan hasil kerja sama antara Blibli dengan Smoot Motor Indonesia, pionir motor listrik tanpa cas di Indonesia.
“Dengan kolaborasi ini, kami berharap dapat bersama-sama memberi dampak berkelanjutan terhadap lingkungan. Sebagai omnichannel commerce dengan prinsip sustainable business, Blibli berkomitmen untuk mengimplementasi paham ESG (Environment, Social, Governance) di setiap operasional perusahaan sekaligus memperkuat operational excellence kami,” harap Lisa.