Gandeng Pemprov DKI Jakarta, Shopee Kembangkan UMKM Menuju Ekspor

MIX.co.id – Perusahaan e-commerce Shopee berkomitmen untuk mengembangkan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) menuju ekspor. Komitmen itu dielaborasikan melalui penandatanganan perjanjian kerja sama Shopee dengan Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta untuk pengembangan UMKM DKI Jakarta.

Handhika Jahja selaku Direktur Shopee Indonesia menyampaikan komitmennya yang sejalan dengan Pemprov DKI Jakarta dalam hal perkembangan UMKM menuju ekspor.

“Kami senang dapat menjadi mitra strategis pemerintah melalui kegiatan ini. Kami melihat adanya potensi besar dari UMKM di DKI Jakarta. Shopee menjadi rumah bagi lebih dari ratusan ribu UMKM aktif yang ada di Jakarta dengan puluhan ribu di antaranya telah berhasil ekspor bersama Shopee,” ujarnya dalam acara Jakpreneur Fest 2021 Bangkit Bersama Shopee yang disampaikan melalui rilis yang diterima redaksi pada Rabu (27/10), di Jakarta.

UMKM merupakan titik tumpu yang memiliki andil besar dalam perputaran roda perekonomian Indonesia, termasuk untuk para pelaku usaha lokal di DKI Jakarta. Terdapat 1,1 juta UMKM di Jakarta yang berpotensi untuk dikembangkan melalui sinergi antara pihak pemerintahan dan instansi swasta guna berkontribusi dalam percepatan pemulihan ekonomi nasional.

“Ini menandakan bahwa terdapat banyak potensi UMKM di Jakarta yang siap untuk dibina agar dapat menembus pasar global sehingga turut berkontribusi dalam percepatan pemulihan ekonomi,” imbuh Handhika.

Serangkaian program Jakpreneur Fest 2021 yang digagas  Pemprov DKI Jakarta, Jakarta Experience Board (JXB) dan Shopee diharapkan dapat membawa UMKM Jakarta naik kelas, bahkan hingga dapat menembus pasar global.

Acara Malam Apresiasi Jakpreneur Fest 2021 yang diselenggarakan di Museum Bank Mandiri, Jakarta Barat itu memberikan apresiasi kepada pemenang kategori Digital Learner, Eksportir Terbaik Jakarta, dan kategori Pertumbuhan UKM Terbanyak yang telah berhasil melewati periode Kompetisi Bisnis dalam program Jakpreneur Fest 2021.

Menteri Koperasi dan UKM, Teten Masduki, menyatakan menyambut baik penyelenggaraan Jakpreneur Fest 2021. “Jakpreneur Fest ini merupakan solusi bagi UMKM di tengah pandemi Covid-19,” katanya.

Sementara Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyatakan bahwa Jakarta perlu membentuk ekosistem yang sehat agar UMKM dapat berkembang. “Jakpreneur menjadi bagian dari janji kita, bahwa dengan adanya 44 pusat pendampingan ditargetkan hadirnya 200.000 wirausaha baru. Namun, target ini tidak tercapai, tetapi terlampaui sejumlah 281.000 UMKM baru,” tuturnya.

Kerja sama Shopee dan Pemprov DKI Jakarta antara lain menyangkut pertukaran data dan informasi dalam rangka pelatihan, pembinaan, dan pendampingan untukUMKM Jakarta menuju ekspor dan Shopee akan menyelenggarakan pelatihan, pendidikan, dan workshop terkait ekspor.

Kemudian, melakukan penyaluran modal untuk pelaku usaha berupa voucher toko, voucher iklan, program gratis yang diberikan, hingga promosi bisnis pelaku UMKM di Shopee; serta memfasilitasi branding bisnis UMKM melalui kampanye dan perluasan pemasaran produk melalui platform Shopee. ()

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)