Burger King Indonesia memperkenalkan menu terbarunya, Whopper tanpa daging atau Plant-Based Whopper, pada hari ini (5/5), secara virtual. Mulai 7 Mei mendatang, konsumen Indonesia dapat menikmati Whopper tanpa daging ini di semua restoran Burger King di area Jabodetabek. Selanjutnya, pada pertengahan bulan depan, menu ini akan tersedia secara nasional di seluruh 175 gerai Burger King di Indonesia.
Sebelumnya, Plant-based Whopper, yang didukung oleh The Vegetarian Butcher, telah tersedia secara global di lebih dari 35 pasar Burger King. Setelah sukses meluncurkan menu tersebut di pasar negara barat dan baru-baru ini di beberapa negara Asia, menu ini akhirnya hadir di Indonesia.
“Dengan memperkenalkan Plant-Based Whopper yang 100% dipanggang dengan api, 0% tanpa daging sapi di Indonesia, kami ingin memberikan pilihan bagi konsumen. Menu ini tidak ditujukan bagi segmen pelanggan tertentu, namun kami menghadirkannya bagi seluruh pelanggan. Hal ini kami lakukan setelah melihat tren konsumen dan juga tanggapan pelanggan, dan kami memahami bahwa mereka menginginkan opsi menu berbasis nabati,” jelas Vaibhav Punj, CEO Burger King Indonesia.
Alternatif menu berbasis nabati ini, lanjutnya, hadir untuk siapa saja yang ingin mengurangi konsumsi daging hewan tanpa mengorbankan rasa Whopper yang ikonik dari Burger King.
"Kami bermitra dengan The Vegetarian Butcher untuk menghadirkan Plant-Based Whopper ke Indonesia. The Vegetarian Butcher adalah perusahaan milik Unilever yang memproduksi bahan pangan pengganti daging yang berbasis di Belanda," ucapnya.
Bahan utama dari patty yang digunakan untuk Plant-Based Whopper adalah kedelai yang diperoleh dari proses berkelanjutan, gandum, minyak sayur, dan rempah-rempah. Patty berbahan dasar nabati ini akan diletakkan di antara roti dengan biji wijen panggang, tomat yang baru diiris, selada segar, krim mayones, saus tomat, acar renyah, dan irisan bawang bombay untuk menciptakan Plant-Based Whopper.
“Kami bekerja dengan The Vegetarian Butcher selama beberapa waktu sebelum kami meluncurkan Plant-Based Whopper, guna memastikan rasanya sesuai dengan rasa patty daging sapi panggang, yang merupakan rasa khas dari Whopper," imbuh Natalia Purwati, Head of Supply Chain & Innovation di Burger King Indonesia.
Dalam rangkaian peluncuran Plant-Based Whopper, Burger King Indonesia mengusung kampanye “Serupa Tapi Tak Sama”. Melalui kampanye ini, Burger King menghadirkan tantangan kepada konsumen. Mereka dapat membeli Serupa Tapi Tak Sama Box hanya dengan harga Rp 45.000 yang berisikan Plant-Based Whopper Jr (0% daging sapi) dan Whopper Jr (100% daging sapi).
Burger King memulai tantangan ini bersama Lopez bersaudara, yang dikenal sebagai SkinnyIndonesian - Andovi yang telah menjadi vegan sejak 2017 dan Jovi, sang kakak yang merupakan seorang penikmat daging. Mereka menantang masyarakat untuk mencari perbedaan dari kedunya dan mengungkapkan apakah mereka tim 0% daging sapi atau 100% daging sapi.