Gandeng WIR Group, Pemprov DKI Jakarta Kembangkan Metaverse

MIX.co.id - Untuk mendukung visi Jakarta sebagai kota maju melalui pelayanan public excellent yang dapat disejajarkan dengan berbagai kota besar di dunia, Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta akan hadir dalam platform metaverse.

Sebagai langkah awal, Pemprov DKI menjalin kerja sama strategis untuk mengembangkan platform metaverse dengan PT WIR Asia Tbk. (WIR Group), perusahaan teknologi berbasis augmented reality di Asia Tenggara.

Penandatanganan nota kesepahaman kerja sama dilakukan oleh Yudhistira Nugraha, S.T., M.ICT(Adv)., D.Phil. selaku Kepala Unit Pengelola Jakarta Smart City Dinas Komunikasi, Informatika, dan Statistik Provinsi DKI Jakarta dan Direktur Utama PT WIR Asia Tbk. Michel Budi Wirjatmo di Balai Kota Jakarta.

“Pemerintah Provinsi DKI Jakarta berkomitmen untuk melakukan pengembangan di berbagai sektor layanan publik melalui transformasi digital, termasuk dengan menghadirkan realitas virtual metaverse. Kami siap mengadopsi teknologi metaverse untuk mewujudkan visi Jakarta sebagai kota maju, lestari, dan berbudaya yang warganya terlibat dalam mewujudkan keberadaban, keadilan, dan kesejahteraan bagi semua,” papar Yudhistira Nugraha, Kepala Unit Pengelola Jakarta Smart City.

Lebih jauh ia menegaskan, kerja sama strategis dengan PT WIR Asia merupakan upaya untuk memberikan kenyamanan dan kemudahan bagi masyarakat Jakarta dalam mengakses dan mendapatkan layanan. “Ini juga menjadi bagian dari rangkaian transformasi digital Pemprov DKI Jakarta dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat melalui pengembangan layanan publik berbasis IT, setelah sebelumnya kami mengembangkan Jakarta Smart City,” ucapnya.

Yudhistira meyakini pengembangan teknologi digital metaverse dapat mendukung terwujudnya pelayanan publik kelas dunia untuk menyelesaikan berbagai permasalahan kota dan warga secara efektif, sekaligus memberikan pengalaman unik kepada masyarakat.

“Kami tertarik untuk melakukan kerja sama dengan PT WIR Asia dalam pengembangan platform metaverse Jakarta, karena track record mereka dalam pengembangan teknologi AR/VR dan AI yang sudah diakui di berbagai negara. Selain itu, platform metaverse yang dikembangkan juga mengacu pada nilai-nilai luhur bangsa, Bhinneka Tingga Ika dan sejalan dengan visi Pemprov DKI Jakarta,” yakinnya.

Sementara itu, dikatakan Direktur Utama PT WIR Asia Tbk. Michel Budi Wirjatmo, penandatanganan kerja sama dengan Pemprov DKI Jakarta akan membawa PT WIR Asia pada satu fase penting dalam rangkaian pengembangan ekosistem untuk mendukung platform Metaverse yang lebih besar.

“Pembangunan Metaverse di Indonesia secara keseluruhan memang membutuhkan waktu cukup lama dan dilakukan secara bertahap hingga tahun 2024, mengingat pengembangannya memiliki kompleksitas yang tinggi,” tutupnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)