Gelar Virtual Media Tour, JD.ID Perkenalkan Pusat Logistik eCommerce Robotik di China

MIX.co.id - Platform eCommerce JD.ID memperkenalkan pusat logistik eCommerce Robotik, JD Asia No. 1, di Beijing, China. Diperkenalkan pada hari ini (19/8) melalui Virtual Media Tour, sejumlah media di Indonesia diajak mengunjungi pusat logistik otomatis tercanggih di dunia itu. Pusat logistik ini juga telah mengadopsi teknologi otomatisasi dan robot, sehingga dapat memenuhi lebih dari 90% pesanan ritel dari 500 juta pelanggan aktif dalam waktu 24 jam.

Dijelaskan Yuchuan Wang, Senior Manager of Global Corporate Affair JD.com, “Pusat logistik JD Asia No. 1 Beijing adalah contoh utama dari otomatisasi di tempat kerja. Dioperasikan pada tahun 2017, Asia No.1 Beijing memiliki luas lebih dari 120.000 meter persegi, dan mampu menangani sebanyak 800.000 pesanan per hari berkat inovasi sistem 19-storey shuttle, yang mampu meningkatkan kapasitas penyimpanan, Automated Ground Vehicles (AGVs). Inovasi ini juga digunakan untuk membantu alur ekspedisi dengan menyortir pesanan dan mengantarkan ke petugas untuk dikemas, serta penyortiran otomatis berkecepatan tinggi.”

Sejak hadir pada Oktober 2015, JD.ID juga sudah menerapkan sistem logistik JD.com, mulai dari tempat penyimpanan (gudang), penyortiran, hingga transportasi. Hasilnya, JD.ID dan menjadi pionir sistem pengiriman 24 jam di Asia Tenggara.

“JD.ID memiliki lebih dari 100.000 Stock Keeping Unit (SKU) dari 23 kategori pilihan produk, dan melayani lebih dari jutaan pelanggan di seluruh Indonesia. Hingga saat ini, JD.ID telah memiliki 13 warehouse yang berlokasi di Jakarta, Medan, Palembang, Bandung, Semarang, Surabaya, Makassar, dan Pontianak,” papar Sendy Sopacua, Head of Warehouse JD.ID.

Lebih jauh Sendy menegaskan, dengan memanfaatkan armada logistik milik sendiri serta didukung oleh jaringan mitra di seluruh Indonesia, JD.ID dapat menyediakan layanan antar yang cepat dan dapat diandalkan di seluruh wilayah Indonesia dengan jangkauan 365 kota, yang mana 85% dari keseluruhan pesanan mampu memenuhi target 24 jam pengiriman.

Saat ini, pelayanan sistem logistik JD.ID ditangani oleh J-Express atau JX sebagai logistic partner sekaligus sister company JD.ID. Dituturkan Barry Lim, CEO PT Jaya Ekspress Transindo (JX), “Sejalan dengan misi JD.ID ‘make joy happen’ dan sebagai mitra JD.ID untuk menjalankan sistem logistik, kami berkomitmen untuk dapat memberikan layanan yang andal, cepat, dan aman kepada pelanggan di seluruh Indonesia.”

Dengan dukungan 250 lebih moda transportasi dan 3.000 lebih tenaga pengantaran (JX Smiling Warrior), Barry berharap JX dapat memberikan pelayanan maksimal, cepat, dan tepat waktu, yaitu dalam waktu 24 jam sejak order diterima. “Di tahun 2021 ini, kami bersama JD.ID terus bergerak maju untuk memperluas pasar ke seluruh rantai solusi e-commerce,” harapnya.

Ke depan, JD.com berencana membangun jaringan pusat logistik e-commerce dengan skala terbesar dan tercanggih di dunia. Hingga saat ini, JD.com telah mengoperasikan 32 proyek Asia No. 1, sebagai bagian dari 1.000 gudang di seluruh China.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)