Hadapi Resesi Global 2023, Apa Kata Para Pelaku Industri Telekomunikasi?

MIX.co.id - Resesi global diprediksi akan terjadi di tahun depan, 2023. Para pelaku industri pun harus berhati-hati menghadapi tantangan resesi tersebut. Lantas, bagaimana dengan para pelaku industri telekomunikasi dalam menghadapi hal itu? Dijawab Founder IndoTelko Forum Doni Ismanto Darwin, dalam webinar HUT IndoTelko bertajuk "Strategi Industri Digital Indonesia Hadapi Resesi Global" pada akhir November ini (30/11), perekonomian Indonesia lebih dari 50% ditopang konsumsi rumah tangga.

“Hal itu menjadikan sektor telekomunikasi masih diuntungkan tahun depan, karena konektivitas dan layanan digital sudah menjadi kebutuhan pokok selama pandemi hingga sekarang. Selain itu pertumbuhan yang masih dirasakan sektor telekomunikasi akan berdampak positif ke industri pendukung seperti penyedia menara ataupun pemain aplikasi,” ucapnya.

Hal senada diungkapkan Ismail Dirjen Sumber Daya dan Perangkat Pos dan Informatika (SDPPI) Kementerian Kominfo. Dia meyakini industri digital justru jadi solusi, karena jadi tumpuan harapan sektor sektor yang lain. Industri digital yang dulu sebagai nilai tambah industri telekomunikasi dalam ICT (Information and Communications Technology), justru kini jadi pelaku utamanya. Dengan demikian, semua yang terlibat dalam ICT ini perlu melakukan perubahan pendekatan agar tadinya tumpuan industri ICT pada telco operators, sekarang berpindah ke layer berikutnya, yakni layer platform, aplikasi, dan konten.

"Oleh sebab itu, semua pihak harus mengakomodasi perubahan bisnis model ini tidak terkecuali pemerintah. Pemerintah harus melakukan pendekatan baru agar menjamin suatu sustainability atau keberlangsungan industri digital di Tanah Air," saran Ismail.

Ditambahkan Hendri Mulya Syam, Direktur Utama Telkomsel, melandainya pandemi Covid-19 memberikan harapan untuk semua industri untuk bangkit tahun ini. Namun, terdapat tantangan dari sisi geopolitik, inflasi, dan kenaikan suku bunga pada tahun depan.

"Hal pertama yang kami lakukan untuk menghadapi resesi tahun depan adalah dengan memperkuat core business Telkomsel sebagai penyedia layanan konektivitas digital terdepan, seperti menghadirkan paket internet sesuai value yang dibutuhkan masyarakat," ucap Hendri.

Telkomsel juga merilis sejumlah aplikasi sebagai solusi di masyarakat. Antara lain, dengan menghadirkan layanan edukasi Kuncie, yakni platform berbasis aplikasi untuk pengembangan keterampilan berbagai bidang. Kemudian, ada layanan health tech serta mengembangkan layanan digital sektor pangan TelkomselDFE untuk smartfarming.

"Telkomsel juga mendukung digitalisasi UMKM dengan aplikasi penghubung dan terintegrasi. Dengan demikian, Telkomsel bertransformasi jadi perusahaan digital terdepan yang memiliki portofolio komprehensif solusi digital," jelasnya.

Pada kesempatan yang sama, Dian Siswarini, CEO dan President Director XL Axiata menegaskan, pihaknya yakin pertumbuhan XL Axiata tahun 2023 masih tetap positif seperti tahun sebelumnya. Sebab, di balik tantangan ekonomi 2023, ada peluang yang bisa dimanfaatkan untuk terus bertumbuh.

“Tahun 2023, perusahaan akan fokus pada tiga pilar utama. Pertama, fokus pada penawaran convergent sesuai dengan vuisi perusahaan yang menyasar segmen keluarga dan SME. Kedua, akan terus mengembangkan infrastruktur jaringan demi mendukung kualitas layanan lebih baik lagi, salah satunya dengan mengembangkan infrastruktur di luar Jawa. Ketiga, soal kepuasan pelanggan, maka kami meningkatkan layanan digital dan personal sesuai yang dibutuhkan oleh pelanggan,” urai Dian.

Lebih jauh ia menerangkan bahwa XL juga akan meningkatkan otomasi dan digitalisasi untuk efisiensi operasional, menggunakan AI dan analitik, sehingga solusi yang diberikan juga tepat sasaran sesuai yang konsumen butuhkan, termasuk mempersiapkan perusahaan untuk menghadapi biaya meningkat tahun depan dengan cara menekan biaya operasional seperti energy saving.

Pages: 1 2

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)