MIX.co.id - Program “Traveloka Travel Fair 11.11 yang telah berlangsung pada 4-11 November 2022 sukses digelar. Perhelatan yang bertujuan membantu masyarakat merencanakan perjalanan jelang akhir tahun itu berhasil meraih antusiasme konsumen yang cukup tinggi. Selama sepekan penyelenggaraannya, Traveloka Travel Fair 11.11 mencatat hampir 1 juta orang sudah berpartisipasi dalam program tersebut dan melakukan perencanaan perjalanan akhir tahun 2022, baik untuk destinasi domestik maupun internasional.
Sejatinya, lonjakan minat masyarakat untuk berlibur akhir tahun turut mendorong kesuksesan dari gelaran Traveloka Travel Fair 11.11. Traveloka mencatat bahwa minat masyarakat terhadap destinasi domestik maupun internasional terus mengalami pertumbuhan, terutama pada destinasi di Asia Tenggara.
Hal itu dibuktikan dengan adanya peningkatan minat masyarakat yang tumbuh sebesar 40% untuk melakukan perjalanan ke destinasi internasional favorit, seperti Singapura, Malaysia, Thailand, Kamboja, Hong Kong, Jepang, Korea Selatan, Vietnam, Taiwan, dan Australia pada periode Traveloka Travel Fair 11.11 dibandingkan dengan periode biasa.
Beberapa negara tetangga Indonesia di Asia Tenggara, seperti Singapura, Thailand, dan Malaysia, masih menjadi destinasi favorit konsumen, karena menerapkan bebas visa dan memiliki akses yang mudah dengan berbagai pilihan penerbangan langsung. Namun, sejak kuartal ketiga 2022, minat masyarakat Indonesia untuk bepergian ke Jepang dan Korea Selatan meningkat signifikan seiring dengan dibukanya perbatasan di kedua negara itu.
Dituturkan Shirley Lesmana, Chief Marketing Officer Traveloka, “Dengan kondisi global yang semakin pulih dari pandemi, minat untuk melakukan perjalanan semakin menguat. Sepanjang tahun ini, kami sudah mendengar istilah revenge travel di mana masyarakat di seluruh dunia memiliki keinginan kuat untuk kembali berwisata, begitu pun dengan masyarakat Indonesia. Tidak hanya untuk tujuan domestik, lanjutnya, konsumen Traveloka juga turut mengincar destinasi internasional.”
Data yang dihimpun dari Traveloka Travel Fair 11.11 menunjukkan bahwa selain berwisata, minat konsumen untuk beraktivitas di luar ruang, melihat atraksi atau mengunjungi taman bermain, juga menunjukkan tren positif. Hal ini terlihat dari meningkatnya pemesanan tiket atraksi lokal melalui Traveloka Xperience selama periode Traveloka Travel Fair 11.11 hingga 24% dibandingkan dengan periode biasa.
“Jenis taman wisata atau atraksi yang digemari oleh konsumen adalah destinasi yang menawarkan beragam permainan untuk seluruh keluarga, seperti Dufan di Jakarta, Jatim Park di Kota Batu, dan Trans Studio di Bandung, hingga Universal Studios di Singapura,” imbuhnya.
Selain destinasi luar negeri yang mengalami lonjakan peminat, destinasi domestik juga tetap menjadi primadona bagi konsumen Traveloka. Destinasi-destinasi favorit kota besar yang menjadi incaran selama Traveloka Travel Fair 11.11 adalah Bali, Medan, Surabaya, Makassar, dan Jakarta. Menariknya, promosi Traveloka ini juga menunjukkan munculnya minat terhadap destinasi-destinasi wisata yang mulai berkembang, seperti Batam, Pekanbaru, Biak, Mando, Timika, dan Kendari.
Tidak hanya itu, tren staycation yang marak setelah pandemi juga tetap diminati oleh konsumen Traveloka. Staycation merupakan bentuk wisata singkat di berbagai jenis akomodasi, baik di dalam kota, maupun di luar kota. Wisatawan bisa mengakses Traveloka untuk mengetahui fasilitas dan atraksi wisata terdekat dari akomodasi yang dipilih sesuai dengan minat dan kebutuhan.