Categories: News Trend

Hindari Terlalu Banyak Bicara Tentang Produk

Kesalahan umum ketika sebuah perusahaan menggunakan strategi pemasaran online adalah kecenderungan untuk memposting materi promosi saja.

Padahal, sebetulnya tidak ada pelanggan yang mau mengikuti perusahaan yang tidak bisa berhenti berbicara tentang dirinya sendiri cukup lama. Pelanggan ingin sesuatu yang bernilai nyata.

JetBlue, maskapai diskon populer, adalah salah satu perusahaan yang menerapkan strategi itu. Alih-alih menggunakan Twitter hanya untuk mengirim diskon tarif dan penawaran khusus, perusahaan menggunakan tool itu untuk menyediakan layanan pelanggan yang cepat dan mudah.

Efeknya sangat besar sehingga hampir semua pesan dalam umpan perusahaan termasuk @replies, yang sangat tidak biasa di dunia pemasaran media sosial.

Ketika Dove memulai kampanye Real Beauty pada tahun 2004,
(selanjutnya the Dove Self-Esteem Project), kampanye itu mengubah dirinya dari
sekadar perusahaan sabun menjadi perusahaan dengan visi. Pernyataan misi baru
mereka bahwa “kecantikan harus menjadi sumber kepercayaan dan bukan
kecemasan” berdampak.

Dengan secara konsisten menyelaraskan upaya pemasarannya dengan pernyataan misinya, Dove telah mampu mengubah persepsi publiknya menjadi merek yang secara autentik memperjuangkan pemberdayaan perempuan dan ingin mengubah pembicaraan seputar kecantikan.

Kampanye Dove ini selain mengubah pandangan sempit industri periklanan tentang kecantikan juga telah membuat Dove menjadi lebih kredibel dengan pesan pemasarannya.

Kampanye Dove Real Beauty Sketches memberikan gambaran
tentang bagaimana Dove berhasil menyelaraskan misinya untuk membantu perempuan
mengembangkan hubungan positif dengan penampilan mereka dan upaya pemasarannya
sendiri. Itu adalah kampanye iklan viral paling banyak dilihat pada tahun 2013
dengan hampir 135 juta tampilan.

Edhy Aruman

Edhy Aruman - Wartawan Utama (2868-PWI/WU/DP/VI/2012...), pernah menjadi redaktur di majalah SWA. Sebelum di Swa, Aruman pernah meniti karier kewartawanan di harian Jawa Pos, Berita Buana, majalah Prospek, Harian Republika dan editor eksekutif di Liputan 6 SCTV, sebelum pindah ke SWA (http://www.detik.com/berita/199902/990212-1319.html). Lulus S3 Komunikasi IPB, Redaktur Senior Majalah MIX, dosen PR FISIP UI, dosen riset STIKOM LSPR Jakarta, dan salah satu ketua BPP Perhumas periode 2011-2014.

Recent Posts

Lima Dekade, Ini Kontribusi ChildFund International di Indonesia

MIX.co.id - Memasuki lima dekade (50 tahun) kehadirannya di Indonesia, ChildFund International menggelar perayaan bertajuk…

13 hours ago

Kolaborasi Ikonik Pokémon dan OREO Resmi Diluncurkan di Indonesia

MIX.co.id - OREO meluncurkan kolaborasi ikonik terbarunya dengan dunia Pokémon di Indonesia. Resmi diluncurkan pada…

14 hours ago

BKP Berikan Bantuan Hunian Baru untuk Asrama Putri di Sekolah Alam Tunas Mulia Bantar Gebang

MIX.co.id - PT Bina Karya Prima (BKP) baru-baru ini memberikan bantuan hunian baru di asrama…

14 hours ago

XL Axiata Tunjuk Direktur Baru

MIX.co.id - XL Axiata menggelar Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan 2024, pada hari ini (3/5),…

14 hours ago

Begini Upaya Lintasarta Ciptakan Lingkungan Kerja yang Sehat dan Produktif

MIX.co.id - Perusahaan Information and Communication Technology (ICT) total solutions di Indonesia, Lintasarta, menggelar rangkaian…

21 hours ago

Intip Efektivitas Program “We See Equal” dari P&G dan Save the Children

MIX.co.id - Procter & Gamble (P&G) Indonesia menegaskan kembali komitmennya dalam mendukung pendidikan yang inklusif…

22 hours ago