MIX.co.id - Pandemi mendorong berbagai perubahan. Setidaknya, ada empat perubahan yang harus diperhatikan pelaku bisnis saat memasuki masa new normal seperti sekarang. Nadya Ardianti, Chief Client Officer Kantar Indonesia, dalam ICON 2022 yang digelar di Ritz Carlton, Jakarta, pada 6-7 Oktober 2022, menjelaskan bahwa ada empat perubahan yang terjadi pasca Covid-19.
Keempat perubahan itu adalah perubahan dalam profil demografi (changes in demographic profile), perubahan pada kebutuhan dan mindset (changes in needs and mindset), perubahan dalam memilik merek (changes in brand choice), dan perubahan dalam cara hidup (changes in the way of living).
Terkait perubahan dalam profil demografi, menurut Nadya, brand harus tepat dalam melakukan penargetan. Jangan perlakukan konsumen kota kecil dan non-Jawa sebagai perpanjangan dari kota besar di Jawa, karena mereka memiliki profil demografi yang berbeda. “Berinvestasilah dalam memahami aspirasi dan kebutuhan mereka,” sarannya.
Sementara itu, terkait perubahan mindset, saat ini konsumen mencari kesehatan dan kesejahteraan mental, lebih baik dari sebelumnya. “Selain itu, terjadi juga perubahan dalam cara pandang dari ‘me’ menjadi ‘we’, yang notabene dipicu oleh generasi generasi milenial dan Gen-Z.
Perubahan lainnya adalah cara orang Indonesia dalam membuat...