Sebagai salah satu bagian dari Corporate Social Responsibility (CSR), Coca-Cola Amatil Indonesia (CCAI) menyelenggarakan “Coke Kicks – Grass Root Soccer Development Program”. Program ini merupakan kegiatan yang fokus pada olahraga sebagai wadah memberikan pelatihan (coaching clinic) kepada anak-anak Indonesia untuk mengasah keterampilan bermain sepak bola.
Coca Cola Coaching Clinic Coke Kicks 2012
Perusahaan yang berkantor pusat di Midtown Atlanta, Georgia, Amerika Serikat tersebut, menyelenggarakan “Coke Kicks – Grass Root Soccer Development Program” di Jakarta, tepat di adakan pada minggu pagi, 2 September 2012 lalu, bertempat di Lapangan bola Lantamal, Karang Tengah, Cinere. Pelatihan sepakbola yang diadakan tersebut, memprioritaskan anak-anak berusia 12-17 tahun untuk berlatih.
“Program Coke Kicks diwujudkan sebagai komitmen kepedulian CCAI untuk menggali dan mengembangkan bakat serta potensi generasi muda bangsa dalam dunia sepakbola, dengan harapan mereka bisa menjadi bibit unggul di tingkat nasional, bahkan dunia, dan dapat mengharumkan nama bangsa di kemudian hari.” ungkap Iskandar Zulkarnaen, Corporate Affairs West Java Region Manager PT Coca Cola Amatil Indonesia.
Dalam coaching clinic tersebut, sekitar pukul 08.00 WIB, sejumlah 200 anak hadir di lapangan, yang turut pula didampingi oleh 10 pelatih dari 10 komunitas penggiat sepak bola yang diundang untuk mendapatkan satu hari pelatihan sepak bola di bawah bimbingan pelatih profesional dan berpengalaman.
Acara ini sejatinya, merupakan sebuah rangkaian kegiatan tahunan yang di adakan di lebih dari 20 provinsi dan beberapa kota di Indonesia, diantaranya di Cibitung, Bandung, Pasuruan, Surabaya, Bawen, Magelang, Semarang, Solo, Medan, Banda Aceh, Riau, Lampung, Balikpapan, Padang, Palembang, dan Bali. Dengan banyaknya kota yang disinggahi, tak ayal di tahun 2012 kali ini, Coke Kicks melibatkan sekitar 4200 anak dan 280 pelatih dari 140 desa yang tersebar di seluruh Indonesia.
“Kami juga mengadakan sesi “coaching clinic” untuk para pelatih di setiap desa, untuk membekali mereka dengan dasar-dasar permainan sepakbola, dan bagaimana cara melatih yang baik” ucap Lee Hawkins, Manager Yayasan Asian Soccer Academy (ASA). Lanjut Lee, “nantinya mereka akan mendapatkan sertifikat dari CCAI-Yayasan ASA”.
Dalam pelaksanaan program tersebut, CCAI bekerjasama dengan Asian Soccer Academy (ASA) dan produsen produk olahraga KELME dalam melakukan pembinaan sepak bola. Disebutkan oleh Lee, peserta akan dilatih langsung oleh pelatih bersertifikat dari ASA.
Maka setelah hadir di Jakarta, Coke Kicks pun direncanakan akan hadir di Makassar, Lombok, Jayapura, Ambon, dan Sorong. “Coke Kicks adalah kesempatan yang harus dimanfaatkan untuk membantu para pelatih-pelatih lokal, karena mereka memegang peran penting dalam mewujudkan persepakbolaan nasional yang lebih berkualitas di masa mendatang” tandas Iskandar Zulkarnaen yang juga sangat menggemari sepak bola sejak lahir tersebut.
1 thought on “Incar Pasar Anak, Coca Cola Amatil Bentuk CSR Olahraga”