Incar Wisatawan Indonesia, Hong Kong Gelar Kampanye “Greater Bay Area”

MIX.co.id - Wisatawan asal Indonesia merupakan salah satu pasar potensial bagi Hong Kong. Oleh karena itu, Hong Kong Tourism Board (HKTB) bersama Department of Culture and Tourism of Guangdong Province dan Macao Government Tourism Office (MGTO) meluncurkan kampanye “Greater Bay Area” (GBA) pada 26 September 2024.

Melalui kampanye tersebut, HKTB ingin mendorong wisatawan Indonesia menjelajahi GBA dalam liburan multi-destinasi yang penuh dengan pengalaman wisata yang beragam dan mengesankan. Kampanye GBA juga bertujuan untuk menghadirkan inspirasi cara baru dalam menjelajahi area yang berdekatan, yaitu Guangdong, Hong Kong, Macao, dan Shenzhen dalam satu perjalanan.

Hong Kong menyajikan lanskap perkotaan yang dinamis, kaya akan sejarah, pemandangan ikonik, serta kelezatan kuliner yang ramah muslim. Sementara itu, Macao menawarkan perpaduan budaya Portugis dan Tiongkok, sehingga menjadikannya pusat rekreasi dan eksplorasi budaya. Adapun Guangzhou merupakan kota yang dinamis dengan perpaduan memikat kuil-kuil kuno, arsitektur modern, dan berbagai pasar yang semarak. Selanjutnya, Shenzhen menghadirkan kontras yang unik antara situs-situs bersejarah dan kemajuan teknologi modern, sehingga mengajak para pengunjung untuk menjelajahi perjalanan yang transformatif dari masa lalu hingga sekarang.

Wisatawan juga dapat menikmati infrastruktur kelas dunia seperti kereta api berkecepatan tinggi yang menghubungkan Hong Kong dengan Guangdong dan Jembatan Hong Kong-Zhuhai-Macao yang memastikan konektivitas tanpa hambatan di antara 9 kota di Provinsi Guangdong (Guangzhou, Shenzhen, Zhuhai, Foshan, Huizhou, Dongguan, Zhongshan, Jiangmen, Zhaoqing) serta 2 Daerah Administratif Khusus Hong Kong dan Macao (9+2 kota).

Dikatakan Becky Ip, Deputy Executive Director of Hong Kong Tourism Board, “Lokasi Hong Kong yang strategis dan konektivitas yang terpadu telah menempatkan kota ini sebagai pintu gerbang yang sempurna menuju GBA. Dengan bekerja sama dengan mitra kami di Guangdong dan Macao, kami sangat senang dapat menghadirkan pengalaman unik dan beraneka ragam yang ditawarkan GBA.”

Lebih jauh ia menjelaskan, Hong Kong juga tercatat sebagai destinasi ramah muslim dengan berbagai hidden gems menarik. “Oleh karena itu, kami percaya bahwa kampanye GBA akan semakin menginspirasi wisatawan Indonesia, terutama Gen Z dan milenial, untuk menemukan pengalaman unik mereka sendiri dalam menjelajahi kawasan ini dan menciptakan perjalanan yang tak terlupakan,” ucapnya.

Pada kesempatan yang sama, Deputy Director of Macao Government Tourism Office Cheng Wai Tong menuturkan bahwa World Heritage “The Historic Centre of Macao” dan statusnya sebagai UNESCO Creative City of Gastronomy merupakan daya tarik utama Macao di bidang pariwisata.

“Kami berharap acara promosi di Indonesia melalui kampanye GBA akan semakin menunjukkan keunikan simfoni budaya Timur dan Barat serta luasnya ‘tourism +’, juga daya tarik Macao sebagai pusat pariwisata dan rekreasi dunia. Macao menyambut para wisatawan Indonesia dan Asia Tenggara untuk memanfaatkan kemudahan perjalanan multi-destinasi, yang dapat membawa mereka merasakan semangat, pesona, dan atraksi unik dari berbagai kota di seluruh Guangdong-Hong Kong-Macao Greater Bay Area dalam satu kali perjalanan,” ungkap Cheng Wai Tong.

Sementara itu, dikatakan Chen Gui Jie, Inspector at Level 2, Department of Culture and Tourism of Guangdong Province, “Guangdong sangat senang menjadi bagian dari kampanye Greater Bay Area, karena kampanye ini membuka peluang baru bagi kami untuk lebih meningkatkan kesadaran akan perpaduan budaya yang kaya dan nuansa modern yang energik di kota-kota kami kepada wisatawan Indonesia. Dengan konektivitas yang komprehensif antara Guangdong, Hong Kong, dan Macao, perjalanan multi-destinasi menjadi lebih mudah dan tanpa hambatan bagi wisatawan Indonesia, terutama bagi keluarga, dalam menjelajahi berbagai atraksi budaya dan wisata yang ramah bagi keluarga.”

Saat ini, Hong Kong juga telah menerapkan kebijakan transit bebas visa 144 jam, yang memfasilitasi perjalanan lebih mudah ke kota-kota di Tiongkok Daratan yang termasuk dalam GBA. Kebijakan ini semakin meningkatkan daya tarik dalam mempersiapkan rencana perjalanan multi-destinasi, sehingga wisatawan dapat merasakan pengalaman yang ditawarkan GBA.

Sementara itu, sebagai solusi lengkap untuk semua hal terkait GBA, HKTB juga meluncurkan microsite berbahasa Indonesia (https://www.discovergreaterbayarea.com/id/). Pengunjung dapat menemukan atraksi dan pengalaman di “9+2 kota” yang ada di GBA berdasarkan empat pengalaman utama, yaitu “Kuliner Lokal”, “Budaya & Warisan Budaya”, “Taman Hiburan Seru”, dan “Festival & Perayaan”. Situs web ini juga menyediakan rencana perjalanan yang telah dikurasi dan informasi yang berguna mengenai mata uang, pembayaran, transportasi, dan sebagainya.

Dalam rangkain kampanye ini, HKTB juga telah menjalin kemitraan strategis dengan ASTINDO (Asosiasi Travel Agent Indonesia) dan Traveloka. Kolaborasi ini bertujuan untuk memperluas jangkauan kampanye GBA, menawarkan wisatawan Indonesia akses yang mudah untuk mendapatkan paket perjalanan dan penawaran promosi. Inisiatif ini dirancang untuk menjadikan GBA sebagai tujuan wisata utama bagi masyarakat Indonesia, memberikan mereka kenyamanan dan nilai tambah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)