Infobrand.id berkolaborasi dengan Tras n Co Indonesia dan IMFocus Certified Google Partner kembali menyelenggarakan Indonesia Digital Popular Brand Award 2019. Tema yang diusung pada penyelenggaraan yang ke-16 ini adalah “Being The Most Popular Brand in Digital Era.”
“Penghargaan ini turut mendorong pelaku bisnis untuk terus aktif berkompetisi agar dapat memanjakan konsumen loyalnya serta memenangkan hati calon konsumennya,” ungkap Chairman TRAS N CO Indonesia, Tri Raharjo saat menggelar jumpa pers di Hotel Shangri-La, Jakarta Pusat, Rabu (30/10).
Survei dilakukan selama Juni-September 2019 terhadap 237 kategori bisnis dengan lebih dari 1500 brand. Penilaian didasarkan pada tiga aspek, yakni Search Engine Based, Social Media Based dan Website Based.
Pencarian netizen di internet pada beberapa kategori menyuguhkan data yang cukup menarik. Misalnya di kategori bumbu penyedap makanan, naik 37,25 persen dari 13.960 pencarian per bulan di 2018 menjadi 19.160 pencarian per bulan di 2019.
Hal serupa juga terjadi di kategori susu untuk semua umur yang naik 22,60%. Kenaikan tersebut dipengaruhi banyak faktor. “Misalnya karena meluasnya populasi pengguna internet dan smartphone sehingga memudahkan mereka dalam mencari informasi yang dibutuhkan melalui internet,” papar Tri.
Sementara pencarian di kategori situs online booking tiket turun 18,24%.
Penyebab penurunan adalah penggunaan aplikasi mobile yang dirasa lebih mudah dibandingkan dengan pencarian melalui google, di samping harga tiket pesawat mengalami kenaikan.
Menurut Tri, ada korelasi pencarian netizen dengan penjualan (sales) sebuah brand. Seberapa besar korelasi tersebut tidak dapat terungkap dalam riset karena pemiliki brand tidak terbuka untuk memaparkan data penjualannya.
Brand peraih penghargaan Indonesia Digital Popular Brand Award 2019 adalah Campina (kategori es krim); Oxone (kategori pisau dapur, setrika, panci presto, juicer, pemanggang roti dan mixer); Kenko (kategori ballpoint); Confidence (kategori adult diapers); Sweety (kategori popok bayi); Philips (kategori lampu LED dan lampu hemat energi); Haan Pancake (kategori bahan kue instan); TrueMoney (kategori jasa pengiriman uang non bank); Madu TJ (kategori madu).
Selanjutnya, brand-brand pemenang dari berbagai kategori adalah Fresh Care; Paper One; Fiesta; Champ; MyRepublic; Sasa; Sharp; Zee; Tekiro; Shop&Drive; Prenagen; WIKA WH; MPoin; Adem Sari; Force Magic; Soffell; Vegeta; Antis; dan Vicenza. ()