Menyambut Hari Pers Nasional (HPN) 2021 yang jatuh pada 9 Februari, PT Indonesia Digital Pos (IDP) meluncurkan media online indoposco.id. Diluncurkan pada awal Februari (1/2), indoposco.id mengusung tagline “Melayani dan Memahami Lebih Baik”.
Diungkapkan Direktur Utama PT Indonesia Digital Pos Syarif Hidayatullah, melalui tagline ‘Melayani dan Memahami Lebih Baik’, indoposco.id ingin melayani dan memahami, serta lebih dekat dengan para pembaca dan seluruh masyarakat Indonesia. ”Kami mengajak seluruh karyawan untuk bekerja lebih efektif, fokus, dan terarah. Semoga kerja keras kita semua ini akan membuahkan hasil yang lebih baik,” ucapnya.
Lebih jauh ia menerangkan, tema “12.21” dalam peluncuran indoposco.id bisa dimaknakan dalam kalender Masehi dan waktu jam. ”Untuk kalender Masehi, yakni tanggal 1, bulan 2 (Februari, red), tahun 2021. Sementara waktu jam (launching, red), pukul 12.21 WIB. Selain istilah Waktu Indonesia Barat (WIB), WIB dalam peluncuran ini kami istilahkan juga, Waktunya Indoposco.id Baru,” ujarnya.
Peluncuran secara resmi dilakukan di kantor yang berlokasi di wilayah perbatasan antara Kota Tangerang dan Jakarta Selatan. Hadir dalam acara peluncuran tersebut Komisaris IDP Heru Budiyanto, Direktur Konten/Pemimpin Redaksi (Pemred) indoposco.id Juni armanto, Direktur Operasional/Wakil Pemred (Wapemred) Sumber Rajasa Ginting, dan jajaran karyawan IDP.
Selain indoposco.id, sambungnya, IDP juga memiliki jaringan media online lain seperti www.sugawa.id dan www.jagatbisnis.com. ”Ke depan, kami mungkin akan membangun jaringan di beberapa daerah di Indonesia seperti Makassar, dan sebagainya. Dengan jaringan ini, diharapkan kami dapat menjangkau pembaca yang lebih luas dan dapat memberikan warna baru bagi pers nasional," tandasnya.
Sementara itu, di tengah bisnis media yang tengah melesu dan sejumlah survei yang mengungkapkan bahwa jumlah pembeli koran—media cetak--terus merosot dalam empat tahun belakangan, namun IDP tetap optimis.
“Tak hanya lini online, kami juga akan menyajikan dalam format cetak dan pdf dengan nama Indoposco. Ini untuk memenuhi dahaga para pembaca yang tetap menginginkan kehadiran media cetak. Di samping itu, kami juga akan mengembangkan lini podcast (siaran non-streaming yang disampaikan melalui audio, red),” yakin Syarif.
Pemred indoposco.id Juni Armanto bersama Wapemred Sumber Rajasa Ginting menambahkan, konten-konten indoposco.id akan berisi pesan dan penyajian berita-berita straight news, feature, investigasi, foto, video yang aktual, cepat, dan akurat. ”Sajian ini sesuai ciri khas kami,” tutupnya.