Ini Dua Fitur Interaktif di Shopee yang Paling Disukai Para Pembelanja Online

MIX.co.id - Mengawali tahun 2024, Shopee menggelar kampanye 2.2 Shopee Live & Video Mega Sale. Melalui kampanye itu, Shopee menawarkan pengalaman berbelanja yang semakin menyenangkan kepada masyarakat Indonesia.

Diungkapkan Monica Vionna, Director of Marketing Growth Shopee Indonesia, “Kami telah melihat bagaimana perkembangan teknologi terus mengikuti kebutuhan masyarakat yang semakin meningkat. Begitupun sebaliknya, dimana hal baru yang ditawarkan oleh kemajuan teknologi memiliki pengaruh signifikan terhadap pergerakan perilaku belanja online. Sebagai platform e-commerce, Shopee memiliki peran dan fungsi berbeda untuk setiap ekosistem, baik pembeli hingga brand lokal dan UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah).”

Berangkat dari hal tersebut, lanjut Monica, untuk dapat berjalan bersama masyarakat dalam membentuk masa depan ekonomi digital, Shopee terus berupaya untuk bertumbuh bersama kemajuan dan semakin meningkatkan peran dan fungsinya melalui inovasi dan program. “Melihat bagaimana pengaruh signifikan elemen interaksi dalam beberapa waktu terakhir, dimana elemen ini berhasil menjadi daya tarik utama bagi pembeli dan penjual, khususnya pelaku usaha lokal, akhirnya mendorong kami untuk terus menghadirkan inisiatif baru pada fitur interaktif kami,” paparnya.

Pada kampanye 12.12 Birthday Sale di akhir tahun kemarin, diakui Monica, Shopee melihat animo belanja masyarakat yang tinggi. Menariknya, di puncak kampanye, fitur-fitur interaktif menjadi salah satu metode yang banyak digunakan oleh pengguna saat berbelanja online. Pada hari puncak 12.12, terlihat transaksi sesi Shopee Live lebih dari 49 kali lipat, dan di saat yang sama peningkatan pesanan melalui Shopee Video tercatat mencapai 45 kali lipat dibandingkan dengan hari biasa.

“Hal ini menjadi salah bukti nyata akan pergeseran perilaku belanja online masyarakat yang juga dipengaruhi oleh semakin berkembangnya inovasi yang dihadirkan. Meningkatnya daya tarik masyarakat untuk memanfaatkan fitur interaktif dikarenakan berbagai keunggulan yang ditawarkan. Melihat performa yang kuat di akhir tahun lalu, elemen interaksi diprediksi akan masih mengambil peran kuat dalam memberikan pengalaman belanja yang berbeda di tahun ini,” ia meyakini.

Lebih jauh ia menjelaskan, melalui Shopee Live, pengalaman belanja berbeda dapat dirasakan dengan adanya interaksi secara real-time baik antara penjual dan pembeli ataupun dengan kreator. Dalam sesi live brand lokal, UMKM ataupun kreator kerap menghidupi suasana dengan interaksi dialog aktif terkait produknya serta keseruan penawaran baik promosi atau produk spesial yang dapat habis dalam hitungan detik. Dengan demikian, hal itu menjadi faktor besar dalam mengambil keputusan saat berbelanja.

Sementara itu, fitur Shopee Video banyak dimanfaatkan oleh pengguna yang memiliki preferensi terhadap konten visual yang kreatif dan menarik tanpa harus berinteraksi secara langsung. Saat ini, konten visual memang masih menjadi salah satu cara yang kuat untuk menarik perhatian calon pembeli, baik berupa foto, infografik hingga video. Beberapa di antaranya yang dapat ditemukan mulai dari review produk, unboxing, Shopee Haul, hingga kreasi video mix and match yang dapat menjadi inspirasi pengguna.

”Elemen interaksi tidak hanya membawa pengaruh bagi pembeli, tetapi juga menawarkan dampak positif yang signifikan terhadap para pelaku usaha, khususnya brand lokal dan UMKM. Kedua fitur interaktif Shopee tersebut saat ini turut berperan dalam strategi bisnis. Melihat antusiasme yang tinggi dari para pembeli, pelaku usaha pun, baik UMKM dan brand lokal mengoptimalkan fitur ini untuk beradaptasi dengan tren yang berlangsung,” ungkapnya.

Saat ini, produk-produk lokal semakin banyak menarik perhatian publik. Hal itu juga terlihat pada puncak kampanye 12.12, dimana transaksi produk lokal meningkat hingga 10 kali lipat. Beradaptasi dalam mengatur strategi dan berkembang dengan kemajuan teknologi pun menjadi langkah fundamental untuk menjaga keberlangsungan bisnis dan semakin meningkatkan daya saing. Fitur-fitur ini merupakan akses mudah yang dihadirkan untuk memberikan ruang kolaborasi untuk terus maju dan meningkatkan potensi bisnis.

Selain kedua fitur interaktif tersebut, imbuhnya, Shopee Affiliate Program juga telah menunjukan dampak positif di tahun 2023 melalui pengalaman yang dirasakan oleh para Shopee Affiliate. Beragam cerita berbeda, mulai dari kesempatan menggapai mimpi, mendapatkan penghasilan tambahan, hingga membantu memperluas eksposure bagi brand lokal. Dengan ekosistem yang terintegrasi, program dan fitur interaktif dapat saling melengkapi untuk menemani perjalanan pengguna, baik pembeli hingga pelaku usaha. Dengan Demikian, tidak hanya menjadi wadah perpanjangan tangan, Shopee dapat mendukung seluruh ekosistem sesuai dengan kebutuhannya di tengah ekonomi digital saat ini.

Untuk itu, menuju hari puncak kampanye 2.2 Shopee Live & Shopee Video Mega Sale pada 2 Februari 2024 mendatang, akan ada keseruan dan sederet promo menarik, antara lain Gratis Ongkir Rp0 Semua Toko, Semua Diskon s/d 80%, dan Pesta Voucher 80%.

“Perjalanan transformasi digital yang dinamis tidak hanya melahirkan pergerakan tren baru setiap tahunnya, tetapi juga memberikan motivasi untuk terus memahami, beradaptasi dan berupaya memenuhi kebutuhan konsumen yang semakin beragam. Ke depannya, kami berharap akan terus dapat menghadirkan pengalaman berbelanja online terbaik bagi para pengguna dan terus bersama bergandengan untuk mendorong perkembangan ekonomi digital di Indonesia,” pungkas Monica.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)