MIX.co.id - Salah satu pertimbangan konsumen dalam membeli mobil adalah nilai jual kembali (resale value) kendaraan yang akan mereka beli. Sejatinya, resale value kendaraan sangat dipengaruhi oleh empat faktor, yakni kekuatan merek, produk berkualitas, jaringan purnajual (after sales service), dan pengakuan.
Keempat faktor tersebut dimiliki oleh mobil Mitsubishi, salah satunya Xpander. Sejak 2020 hingga 2022, Mitsubishi Xpander dinobatkan menjadi yang terbaik dalam kategori “Best Resale Value” di kelasnya pada ajang GridOto Award, yang digelar GridOto.com sebagai bagian dari grup Kompas Gramedia.
Faktor pertama adalah Kekuatan Merek. Mitsubishi telah hadir lebih dari lima dekade (50 tahun) di Indonesia. Dalam kurun waktu tersebut, Mitsubishi telah banyak mempersembahkan produk dan layanan terbaik bagi para konsumen. Kekuatan merek itulah yang membuat aneka kendaraan keluaran Mitsubishi disambut positif oleh masyarakat. Tanpa terkecuali, Xpander, yang sejak dirilis pertama kali di Indonesia pada 2017 lalu, sampai kini direspon positif oleh pasar.
Faktor kedua, Produk Berkualitas. Setiap mobil Mitsubishi yang dijual di Indonesia selalu dirancang dengan fitur dan kemampuan yang memuaskan pengguna. Paling anyar, New Xpander yang telah hadir dengan berbagai penyempurnaan.
Dari sisi eksterior, New Xpander hadir dengan desain desain “Dynamic Shield” khas Mitsubishi Motors. Tampilan depan terdapat pada New Front Bumper Design yang sekarang terlihat lebih modern, dipadukan dengan lampu depan yang memiliki bentuk T-Shape Headlight dan sudah menggunakan LED. Saat ini, Mitsubishi New Xpander juga mendapat tambahan fitur New Front 360 Camera (tipe Ultimate), New Rear Camera, New Side Mirror Camera, New Front Bumper Grille Design, New Rear Design, Rear Window Defogger.
Mitsubishi New Xpander juga mendapat sentuhan baru yang lebih mewah di dalam kabinnya. Berbagai sentuhan soft touch pada bagian kabin membuat New Xpander tampil sebagai mobil keluarga termewah di kelasnya.
Mulai dari dashboard yang sekarang desainnya mengusung gaya New Horizontal Axis Design Dashboard dengan lapisan kulit lembut, kemudian warna interior di varian tertinggi juga berubah. Lapisan soft touch juga terdapat pada door trim.
Pengaturan AC di dalam kabin pun berubah menjadi digital, kemudian pada bagian konsol tengah mendapat tambahan arm rest dengan cup holder, dan tersedia colokan USB di depan dan bagian samping serta tempat untuk meletakkan uang elektronik.
Dari sisi inovasi teknologi, Mitsubishi New Xpander memiliki transmisi New CVT, untuk pengalaman berkendara yang lebih nyaman, menyenangkan, memberikan efisiensi dan kenyamanan tinggi. Performa CVT New Xpander ini mampu memberikan keseimbangan terbaik antara akselerasi yang maksimal dan tajam layaknya transmisi AT 8 percepatan, efisiensi bahan bakar, kerapatan, serta perpindahan yang mulus.
Bahkan, Mitsubishi juga tetap memberikan sistem keselamatan tertinggi untuk New Xpander yang sekarang dilengkapi dengan Dual SRS Airbags, struktur RISE body, Seatbelt dengan ELR 3 titik, dan ISO-FIX child seating fixing bar. Sistem pengunci pintu otomatis berdasarkan kecepatan juga sekarang tersedia di New Xpander.
Ditambah lagi dengan adanya Electric Parking Brake dengan Brake Auto Hold di tipe Ultimate dan Sport. Sistem keselamatan lain seperti ASC, ABS-EBD dengan BA, ESS, Hill Start Assist sekarang sudah tersedia mulai dari varian GLS hingga Ultimate CVT.
Dituturkan Rifat Sungkar, Brand Ambassador Mitsubishi Motors Indonesia, “Fitur kamera 360 memberikan tambahan rasa aman bagi pengendara, karena dalam berkendara kamera 360 ini ibaratnya mata tambahan untuk driver. Dengan adanya pantauan dari berbagai arah, possibility mobil Xpander untuk terhindar dari kecelakaan, atau goresan, atau dari ancaman luar menjadi lebih kecil karena awareness driver semakin tinggi. Xpander sudah berevolusi beberapa kali, setiap evolusi itu ada significant changes, mulai yang pertama dari matic ke CVT. Lalu yang kedua, dengan adanya x
Xpander Cross, Xpander itu jadi banyak input apa yang diinginkan oleh kustomer.”
Faktor ketiga adalah jaringan aftersales service dan ketersediaan komponen di pasar Indonesia. Sebanyak lebih dari 300 jaringan diler dan bengkel resmi tersebar di seluruh Indonesia, termasuk 22 diler body and paint. Saat ini, Mitsubishi juga telah menghadirkan aftersales melalui aplikasi Mitsubishi Motors ID (MMID), yang sangat membantu pemilik kendaraan Mitsubishi dalam merawat kendaraan mereka.
Faktor keempat, Pengakuan. Saat ini, banyak bertebaran jejak digital terhadap kepuasan pengguna kendaraan Mitsubishi dan juga pemberitaan positif media soal mobil Mitsubishi di dunia maya. Bahkan pengakuan terhadap kualitas mobil Mitsubishi juga digaungkan dengan banyaknya komunitas pengguna Mitsubishi terbentuk. Hal tersebut membuat loyalitas konsumen terhadap merek Mitsubishi terus meningkat, sehingga membuat resale value mobil Mitsubishi tetap tinggi.
Riza Ayu Putri Ningseh, Pengguna Mitsubishi New Xpander asal Pasuruan, Jawa Timur, mengaku, “Pertimbangan pertama membeli New Xpander karena desainnya futuristik. Dengan demikian, dalam jangka waktu yang panjang, saya yakin Xpander tetap menarik dan tidak terlihat seperti mobil tua. Lalu, harga mobilnya terbilang terjangkau dengan penggunaan BBM irit.”