MIX.co.id - PT Sekar Bumi Tbk. (SKBM) berhasil mencatatkan kenaikan penjualan 22% per 31 Desember 2021. Kenaikan penjualan itu didukung oleh penjualan ekspor udang yang meningkat serta kenaikan pasar domestik seiring peluncuran #JagoanDumpling, salah satu produk makanan olahan dimsum yang menjadi andalan perusahaan.
Diungkapkan Presiden Direktur PT Sekar Bumi Tbk. Harry Lukmito, kenaikan penjualan itu juga didukung dengan pabrik-pabrik pengolahan udang, baik di Tangerang maupun Sidoarjo. Selain itu, SKBM juga menerima persetujuan sebagai approved-supplier supermarket (retailer) besar di Amerika Serikat seperti Walmart, Costco, Kroger, Ahold, Publix, Aldi, Woolworths, dan sebagainya.
“Sekar Bumi juga telah mengantongi sertifikat internasional yang diakui, seperti Best Aquaculture Practice 4-Star, yaitu integrasi dari benur udang, pakan udang, tambak udang, dan pabrik udang. Ditambah dengan traceability system yang mampu menunjang keunggulan perusahaan,” ucap Harry.
Lebih jauh ia menerangkan, pembukuan positif tersebut juga terjadi karena didorong oleh ragam kegiatan perusahaan. Salah satunya peluncuran produk-produk makanan olahan terbaru di tahun lalu, seperti produk #JagoanDumpling dengan varian isi keju, bolognese, rendang, kari, dan ayam. Produk makanan olahan lainnya seperti bakso-baksoan, ebi furai, fish roll, dan lainnya dipasarkan di bawah merek Bumifood dan Mitraku.
Secara geografis, lanjutnya, wilayah ekspor seperti Amerika Serikat menjadi penunjang terkuat dalam peningkatan penjualan, termasuk pasar domestik di Indonesia yang turut menyokong peningkatan tersebut dengan Pulau Jawa menjadi kontributor terbesar di Indonesia.
“Sekar Bumi optimis untuk dapat membukukan pendapatan positif kembali di tahun ini melalui upaya kami dalam menghadirkan inovasi produk perikanan dengan menggenjot pasar domestik dan mempertahankan kekuatan kami di pasar ekspor," pungkas Harry.