Ini Tiga Pilar Strategis yang Membuat XL Axiata Berkinerja Positif di 2021

MIX.co.id - Tahun 2021, PT XL Axiata Tbk. berhasil meraih kinerja positif. Dalam konferensi pers yang digelar secara virtual pada April ini (22/4) usai penyelenggaraan Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) 2022, disebutkan bahwa pendapatan XL di 2021 berhasil meningkat 3% menjadi Rp 26,7 triliun jika dibandingkan tahun sebelumnya. Begitu juga dengan EBTIDA yang meningkat 2% (year-on-year atau YOY) atau menjadi Rp 13,2 triliun. Sementara itu, laba bersih dinormalisasi Rp 1,1 triliun alias yang tertinggi sejak 2013.

Kinerja positif yang berhasil diraih tersebut tak lepas dari pilar strategis yang telah dijalankan XL. Pilar pertama, percepatan digital proposition untuk meningkatkan customer engagement. Hasilnya, Monthly Active User dari aplikasi MyXL meningkat 67%. Pilar kedua adalah fokus pada customer xperience sebagai layanan pembeda. Pilar ketiga, meluncurkan convergence proposition dengan layanan full digital. Contohnya XL Satu yang berhasil meningkatkan akuisisi dengan memberikan pengalaman digital yang mudah dan menarik.

Presiden Direktur & CEO XL Axiata Dian Siswarini mengungkapkan, tahun 2022 ini, XL akan menganggarkan Capex sebesar Rp 9 triliun. Mayoritas Capex akan digunakan untuk terus memperluas jaringan. “Kami menyadari jaringan merupakan tulang punggung XL. Oleh karena itu, memberikan layanan internet sebaik mungkin menjadi tujuan kami,” ucapnya.

Ditambahkan Direktur sekaligus Chief Technology Officer XL Axiata I Gede Darmayusa, “Dari total Capex Rp 9 triliun, 70%-nya akan kami gunakan untuk pembangunan jaringan, termasuk memperluas 5G,” ujarnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)