MIX.co.id - Rumah Tangga, Makanan dan Minuman (Mamin), serta Kesehatan menjadi kategori yang paling dicari masyarakat Indonesia di Tokopedia selama kuartal III 2022. Demikian diungkapkan External Communications Senior Lead Tokopedia Rizky Juanita Azuz, pada siaran pers yang diterima MIX.
Produk benih/bibit tanaman, keran air, dan pupuk menjadi sejumlah produk yang paling banyak diburu di kategori Rumah Tangga.
Sedangkan mie instan, susu bubuk, serta biskuit dan wafer adalah produk yang paling sering dibeli di kategori Mamin. Adapun masker, obat herbal, dan vitamin menjadi beberapa produk yang paling laris di kategori Kesehatan.
Diakui Rizky, Tokopedia juga masih menggencarkan inisiatif berpendekatan Hyperlocal yang mengusung teknologi geo-tagging, untuk mendekatkan pembeli dengan penjual terdekat.
Melalui inisiatif Hyperlocal, Tokopedia juga mencatat beberapa tren pada kuartal III 2022 dibanding periode yang sama di 2021. Di antaranya, wilayah dengan peningkatan jumlah penjual paling tinggi, yakni Banyuasin (Sumatra Selatan), Lombok Barat (Nusa Tenggara Barat), dan Balikpapan (Kalimantan Timur); serta wilayah dengan peningkatan jumlah transaksi paling tinggi, yakni Muaro Jambi (Jambi), Jenepoto (Sulawesi Selatan), dan Mappi (Papua Selatan).
Di sisi lain, Tokopedia melalui Tokopedia Salam untuk terus berupaya menghadirkan ekosistem dalam memenuhi kebutuhan market syariah. Di antaranya, dengan menghadirkan produk, fitur, dan layanan yang baik dan amanah.
"Purworejo (Jawa Tengah), Tulungagung (Jawa Tengah), dan Kotawaringin Barat (Kalimantan Barat) merupakan beberapa daerah yang mengalami peningkatan jumlah pembeli paling tinggi di Tokopedia Salam," ucapnya.
Masih berkaitan dengan Tokopedia Salam, pada subkategori Fesyen Muslim, beberapa produk yang paling diburu masyarakat mencakup hijab segi empat, baju koko pria, gamis wanita, manset, dan hijab instan. Sedangkan di subkategori Perlengkapan Ibadah, ada mukena, tasbih, sajadah, baju ihram, dan sarung yang menjadi sejumlah produk yang paling laku.
“Fitur pembayaran zakat, wakaf, dan donasi menjadi beberapa fitur yang paling banyak digunakan masyarakat lewat Tokopedia Salam sepanjang kuartal III 2022,” pungkasnya.