Google resmi merilis 10 iklan YouTube terpopuler untuk semester pertama (Januari-Juni) 2020. Dirilis pada pertengahan Juli ini (17/7), Daftar 10 Iklan Terpopular di Youtube Indonesia ini mencatatkan performa tinggi sebagai hasil dari pemanfaatan popularitas dan promosi. Kesepuluh iklan itu adalah Lazada Indonesia, Shopee Indonesia, Traveloka, imoo Indonesia Official, PocariID, Teh Kotak, Daihatsu Sahabatku, Pantene Indonesia, Emina Cosmetics, Solusi BCA.
Dikatakan Ishak Reza, Creative Lead Google Indonesia, "20 tahun lalu, dibutuhkan waktu 12 detik untuk kita bisa memperhatikan dan memilih apa yang ingin kita tonton. Tapi sekarang hanya 3-5 detik. Untuk itu, hal terpenting dari video iklan kreatif masa kini adalah bagaimana visual dan audio di tiga detik pertama dapat menghentikan penonton menekan tombol skip.”
Lebih jauh ia menerangkan, ada tiga tips agar iklan bisa mencuri perhatian orang dalam tiga detik pertama. Pertama, ekspresi dari jarak dekat (close-up). Kedua, visual yang tidak biasa (misalnya, kucing yang bisa ngobrol, nyamuk raksasa, dan sebagainya). Ketiga, musik upbeat atau audio unik.
"Perpaduan audio visual yang atraktif di tiga detik pertama dan unsur humor menjadi faktor pendukung dalam tingginya minat penonton untuk menyaksikan iklan-iklan semester pertama tahun ini," yakin Ishak.
Diungkapkan Terry Santoso, Head of Marketing Traveloka Xperience, “Di Traveloka Xperience, kami percaya bahwa pengalaman (experience) adalah momen yang berharga dalam hidup manusia. Oleh karena itu, kami senantiasa berupaya untuk memberikan inspirasi dan solusi untuk menemukan ribuan pengalaman seru yang dapat dipesan dengan mudah dan nyaman hanya melalui satu aplikasi, yaitu Traveloka."
Menurutnya, komitmen Traveloka dalam memperkaya pengalaman pengguna ini kemudian bersinergi dengan pengembangan ide kreatif berbasis data yang mengedepankan konsep kearifan lokal dan kolaborasi tim yang menyeluruh. "Dengan demikian, membuahkan hasil karya terbaik berupa iklan #XperienceMore with Traveloka Xperience," jelas Terry.
Sementara itu, Amelia Tjandra, Marketing Director PT Astra Daihatsu Motor, mengatakan, “Terima kasih atas penghargaan yang diberikan oleh Youtube. Penghargaan ini menjadi bukti bahwa iklan Daihatsu Ayla dan Daihatsu Sirion berhasil menarik perhatian dan mendapat respon positif dari penonton YouTube, khususnya kaum milenial. Iklan ini hadir sebagai wujud ide kami yang ingin memberikan informasi menarik, unik, dan sebagai program Daihatsu untuk semakin dekat dengan pelanggan milenial."
Diimbuhkan Puspita Winawati, Marketing Director PT Amerta Indah Otsuka, “Kami sangat senang iklan YouTube #BintangSMA 2019 Winner bisa menjadi Top 10 YouTube Ads di H1 2020. Ide Bintang SMA berasal dari bagaimana Pocari Sweat dapat menjadi relevan dan menginspirasi kaum muda untuk mencapai impiannya. Kami sangat terkejut bahwa iklan ini ditonton oleh lebih dari sepuluh juta penonton dan mendapat banyak tanggapan, beberapa dari mereka mengatakan terinspirasi oleh iklan dan kampanye kami."