Inilah TOP 5 Digital PR Index 2020

Perusahaan konsultan TRAS N CO Indonesia kembali merilis hasil studi terbarunya, Top Digital PR Index yang dilakukan sepanjang September 2019 hingga Januari 2020. Studi dilakukan kepada 1.000 perusahaan dari 105 kategori produk atau jasa dan 583 perusahaan publik dari 43 kategori industri.

Dijelaskan Tri Raharjo, Founder & Chairman TRAS N CO Indonesia, metode penelitian ini menggunakan quantitative survey, dengan teknik pengambilan data menggunakan desk research melalui tiga parameter penilaian, yakni Digital Media Aspect, Social Engagement Aspect, dan Digital Mention Aspect. Sementara penilaian untuk perusahaan publik berdasarkan tiga penilaian, yakni Digital media Aspect, Digital Sentiment Aspect, dan Digital Awareness Aspect.

Hasil studi itu mengungkapkan bahwa dari 105 kategori produk atau jasa yang tersurvei, telah tersaring TOP 5 Digital PR Index 2020, di mana kategori “Mobil” telah menempati urutan teratas dengan torehan index mencapai 13,04% dan telah diulas sebanyak 853.840 pemberitaan dalam setahun terakhir.

Sementara itu, berdasarkan pencarian di lima halaman search engine news, kategori Mobil memiliki persentase 97,38% berita positif dan 2,62% berita negatif. Tak heran kalau di sosial media, kategori ini juga memiliki banyak penggemar di Facebook hingga mencapai 32.752.162 penggemar.

“Tentunya ini menjadi bukti keberhasilan atas kinerja positif dalam membangun reputasi brand, kredibilitas, serta kepercayaan publik, terutama untuk kategori Mobil,” ungkap Tri, yang juga menjabat sebagai Chairman Indonesia Brand Network (IBN), baru-baru ini, di Jakarta.

Di urutan kedua, ada kategori “Motor” dengan total index mencapai 11,87% dan 737.300 pemberitaan, yang terdiri dari 99,14% berita positif dan 0,86% berita negatif. Sementara di sosial media, kategori ini memiliki 1.323.907 pengikut di Instagram.

Selanjutnya, di peringkat ketiga, ada kategori “Bank” yang sukses dengan torehan total index mencapai 7,13% dan 389.510 pemberitaan. Adapun urutan keempat dan kelima berhasil ditempati oleh kategori ‘Smartphone' dan ‘Online Transportation’ dengan total index masing-masing 6,05% dan 3,57%. Sementara pemberitaan dalam setahun terakhir untuk masing-masing kategori ini adalah 236.110 dan 192.400 pemberitaan. Kedua kategori ini berhasil menorehkan 100% berita positif berdasarkan pencarian pada di lima halaman search engine.

"Melihat hasil tersebut, boleh dibilang perusahaan-perusahaan yang mengacu pada kategori tersebut telah mampu memanfaatkan secara maksimal peran Digital PR-nya dalam membangun kepercayaan konsumen untuk dapat terus memacu pertumbuhan perusahaan di tengah era digitalisasi saat ini," pungkas Tri.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)