MIX.co.id - Zoom Video Communications, Inc. merilis sejumlah inovasi terbarunya pada platform Zoom. Dirilis pada acara Work Transformation Summit, inovasi terbaru itu dapat membantu bisnis dalam menunjang pengalaman pelanggan dan karyawan di era ‘bekerja dari mana saja’.
Sejumlah inovasi yang diluncurkan antara lain Zoom IQ untuk Sales, solusi teknologi kecerdasan percakapan (conversation intelligence) bagi profesional bidang sales, Zoom Events dan Webinar seperti fitur backstage dan session branding, serta Zoom Contact Center.
Oded Gal, Chief Product Officer Zoom, mengungkapkan, di dunia yang kini didominasi oleh konten video, semua interaksi menjadi penting, baik panggilan telepon dengan agen customer service, meeting virtual dengan tim sales, maupun kegiatan hybrid dengan pelanggan atau calon pelanggan. Fasilitas kelas dunia yang menunjang kedekatan dengan pelanggan inilah yang akan menciptakan diferensiasi yang kompetitif.
“Peluncuran inovasi terbaru kami, yakni Zoom Contact Center, Zoom IQ for Sales, dan Zoom Events merupakan langkah Zoom untuk menetapkan standar pengalaman pelanggan dan kolaborasi baru yang fleksibel untuk para pekerja,” yakin Oded.
Lebih jauh ia menerangkan, saat ini, Zoom IQ for Sales telah tersedia sebagai fitur tambahan bagi pengguna Zoom Meetings dan akan segera tersedia untuk Zoom Phone. Zoom IQ for Sales merupakan pengembangan teknologi conversation intelligence dari Zoom IQ, yang berpotensi digunakan di masa depan untuk kebutuhan pengembangan produk, industri, dan kebutuhan khusus lainnya.
Sementara itu, salah satu fitur dengan permintaan paling banyak untuk Zoom Events – platform all-in-one yang memungkinkan brand untuk menciptakan pengalaman virtual dan hybrid – adalah ruang berkumpul bagi pembicara pada saat sebelum, selama, dan sesudah acara berakhir.
“Untuk menjawab kebutuhan ini, Zoom meluncurkan fitur belakang layar (backstage), fitur baru yang memungkinkan panelis, pembicara, dan kru acara untuk tetap berada di belakang layar saat memonitor tampilan webinar secara live, chat dengan satu sama lain, menjawab pertanyaan peserta, serta latihan presentasi,” lanjutnya.
Selain itu, Zoom juga mengumumkan dua inovasi terbaru dari Zoom Webinar lainnya. Kedua inovasi ini dirancang untuk siapa saja yang ingin menyajikan informasi ke peserta online di seluruh dunia dalam jumlah besar dengan menggunakan berbagai macam perangkat. Pertama, berupa Webinar reactions, di mana peserta webinar bisa mengirimkan reaksi. Reaksi-reaksi yang dikirim akan tampil pada ujung kanan bawah dari jendela webinar utama, sehingga akan terlihat oleh pembawa acara, panelis, dan peserta lainnya. Kedua, Webinar session branding, di mana pembawa acara dapat mengubah tampilan webinar dengan menambahkan wallpaper di belakang kumpulan video, menetapkan virtual background yang sama untuk semua panelis, dan menyediakan tag nama untuk setiap panelis.
“Webinar reactions dan session branding kini sudah tersedia, sementara fitur backstage mulai dapat digunakan di akhir April 2022. Pengalaman yang hadir melalui Zoom Events kini juga tersedia dalam Zoom Rooms, yang memungkinkan host dan peserta untuk mengikuti acara dari perangkat Zoom Rooms,” tutupnya.