Internet Marketing Strategy & Mystery: Memahami Cara Kerja Internet Marketing

Era Revolusi Industri 4.0 ditandai dengan masifnya penggunaan teknologi informasi dalam semua segi kehidupan. Terlebih lagi dalam dunia bisnis dan pemasaran. Jika dulu pemasaran dilakukan secara konvensional dan promosi melalui media elektronik maupun cetak, kini mulai merambah ke dunia internet. Inilah yang kemudian kita kenal dengan istilah internet marketing.

Internet marketing atau yang disebut juga dengan online marketing menurut Kotler dan Amstrong (2008:37) adalah suatu bentuk usaha dari perusahaan atau organisasi dalam memasarkan produk atau jasanya dan juga membangun hubungan dengan pelanggan dengan perantara media internet.

Pengertian internet marketing lainnya yaitu bagian dari E-Marketing (electronic marketing) dan E-Business (electronic business). Internet marketing bukan saja mengarah kepada pemakaian media digital, tetapi juga berkaitan dengan bagaimana menjalankan manajemen data konsumen dan menjaga relasi yang baik dengan konsumen.

Dalam internet internet marketing ini tentu sangat banyak sekali keuntungan yang didapatkan. Misalnya, produk dapat dipromosikan hanya dengan beberapa puluh ribu saja sudah dapat menjangkau ribuan dan bahkan bisa jutaan orang di seluruh Indonesia bahkan dunia.

Pemasaran dengan internet marketing ini tidak ada batasan tempat dan waktu sehingga Anda bisa memasarkan produk Anda kepada siapa saja yang terhubung dan menggunakan internet, seperti melalui media sosial (Facebook, Twitter, dll), mesin pencari (Google, Bing, Yahoo, Yandex, dll), marketplace (Bukalapak, Tokopedia, Lazada, Shoppee, dll), email marketing, video marketing, dan forum jual-beli.

Secara harfiah, arti internet marketing adalah pemasaran internet atau pemasaran online. Internet marketing adalah proses mempromosikan bisnis, produk atau layanan jasa, melalui internet menggunakan media/alat yang membantu mengarahkan lalu lintas, arahan, tindakan, dan penjualan.

Internet marketing mencakup berbagai taktik dan strategi marketing, termasuk konten, media sosial, email, lalu lintas mesin pencari, iklan berbayar, dan banyak lagi. Namun, belakangan ini, internet marketing cenderung mengarah atau berjalan bersama dengan content marketing (pemasaran konten). Mengapa? Karena konten marketing adalah internet marketing paling efektif untuk masa kini dan masa depan.

Di Indonesia sendiri sebenarnya sudah banyak contoh pelaku usaha atau bisnis yang sukses dalam menerapkan digital marketing. Salah satunya adalah Maicih, merupakan sebuah usaha keripik super pedas yang berbasis di Bandung. Usaha Maicih ini menggunakan teknik penjualan digital marketing melalui sosial media Facebook dan Twitter.

Melalui kedua sosial media tersebut, Maicih memberikan segala informasi dan juga jam operasional penjualan. Hal ini menunjukkan bahwa penggunaan digital marketing melalui sosial media seperti Facebook dan Twitter mampu menaikkan nilai jual produk tersebut. Terbukti, pengusaha Maicih ini memiliki omzet hingga puluhan juta rupiah di setiap bulannya.

Tidak hanya pelaku usaha kecil, pelaku bisnis besar seperti Pocari Sweat pun menggunakan digital marketing dan menunjukkan kesuksesannya dalam hal ini. Pocari Sweat yang bekerja sama dengan XM Gravity (digital agency) menggunakan digital campaign yang dikemas dengan sangat baik untuk mempromosikan produknya.

Mulai dari melakukan perombakan pada website utama pocarisweat.co.id agar lebih interaktif, menarik untuk dilihat, dan tidak membosankan dengan layout dan games yang bisa dimainkan. Hingga memakai jasa girlband yang sedang hits saat ini yaitu AKB48 dan JKT48 sebagai brand ambassador nya.

Tidak hanya itu penggunaan karakter fiksional yang melambangkan produknya juga digunakan oleh Pocari Sweat dalam digital campaignnya. Semua digital campaign yang dilakukan tersebut terbukti sukses, yang mana dapat dilihat dari penggemar yang meningkat hingga 800% dalam waktu kurang dari 3 bulan.

Techminar Kreen Indonesia bertajuk “Internet Marketing Strategy & Mystery” akan membahas lebih lanjut mengenai apa itu SEO, Google My Business, dan Google Analytics, serta seberapa penting traffic ads untuk social media dalam berbisnis melalui internet.

Acara ini akan diadakan Kamis, 29 Oktober 2020 Pukul 13.30. Jangan lupa lakukan pendaftaran!

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)