Ipsos Rilis Survei Terbaru Super App di Asia Tenggara

MIX.co.id – Grab sebagai Super App terbaik di enam negara Asia Tenggara diikuti Shopee yang menempati posisi kedua, demikian hasil survei Ipsos, perusahaan riset pasar terbesar ketiga di dunia.

Survei dilakukan secara online pada Desember 2021, melibatkan 3.500 responden pengguna layanan digital berusia 18 tahun ke atas, untuk Indonesia, Malaysia, Singapura, Thailand, Vietnam, dan Filipina.

Pada survei ini, Ipsos menetapkan Super App sebagai aplikasi yang menawarkan lebih dari tiga layanan digital, seperti transportasi (ride-hailing), e-commerce, pembayaran, pesan-antar makanan, belanja bahan makanan, dan lain-lain. Survei tidak menyertakan aplikasi berbasis media sosial.

Soeprapto Tan, Managing Director Ipsos in Indonesia, menyampaikan penilaian Super App terbaik didasarkan empat indikator utama, yakni user experience, engagement, awareness, dan usefulness.

Indikator user experience melihat pada pengalaman pengguna dan kegunaan sebuah aplikasi, dan skor total ditentukan melalui kombinasi atribut termasuk di antaranya kemudahaan untuk ditemukan, diakses, keandalan dan keamanan. Pada penilaian ini, Grab mengungguli Super App lainnya. Di tempat kedua diduduki oleh Shopee, kemudian diikuti oleh Lazada dan Gojek.

Indikator engagement menunjukkan Super App mana yang paling banyak digunakan, dan skor didasarkan pada nilai BUMO (Brand Used Most Often), serta kepuasan pengguna dan kualitas layanan. Pada indikator ini, Shopee menduduki peringkat pertama, diikuti oleh Grab, lalu Lazada.

Indikator awareness menentukan Super App mana yang lebih populer atau banyak dikenal oleh pengguna aplikasi digital. Indikator ini diukur berdasarkan pada 2 atribut, yaitu top of mind recall dan total awareness. Grab menduduki peringkat teratas sebagai Super App terpopuler, diikuti oleh Shopee di posisi kedua dan Lazada di posisi ketiga.

Sedangkan pada indikator usefulness, Ipsos mengukur tiga atribut; frekuensi penggunaan dalam 1 bulan, jumlah layanan digital yang digunakan dalam 1 bulan, dan rating atau peringkat nominal transaksi pengguna pada Super App. Shopee berada di peringkat teratas pada indikator ini, diikuti oleh Grab dan kemudian Lazada di posisi ketiga.

“Berdasarkan total skor rata-rata di setiap indikator, Grab mencapai jumlah skor yang lebih tinggi dan oleh karena itu, Grab menempati peringkat pertama sebagai Super App terbaik di Asia Tenggara pilihan pengguna,” tandas Soeprapto Tan dalam rilis yang diterima redaksi pada Jumat (8/4), di Jakarta.

Dalam survey ini, Grab meraih rata-rata total skor indeks 63, diikuti Shopee dengan rata-rata total skor indeks 52. Setelah Shoppe adalah Lazada (42), Gojek (22), Tokopedia (14), Traveloka (12), AirAsia (10), BliBli, BukaLapak & JDID (10 each), GCash (8), Touch n Go eWallet (7), Lineman (6), Be (5), dan Zig (3). ()

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)