Jatelindo Luncurkan Platform eMoney Berbasis Komunitas

Di masa pandemi, jumlah transaksi yang menggunakan e-money telah mencapai lebih dari 400 juta transaksi setiap bulannya. Asosiasi Fintech indonesia (AFTECH) menyebutkan bahwa besarnya volume transaksi e-money di Tanah Air selama pandemi tidak hanya dikontribusikan dari aktivitas individu, tetapi juga hampir semua sektor bisnis, mulai dari UMKM hingga bisnis menengah dan besar.

Fakta ini tentu membawa angin segar untuk mendorong pemulihan ekonomi nasional. Peluang ini pun dimanfaatkan maksimal oleh PT Jatelindo Perkasa Abadi untuk turut mengembangkan ekosistem transaksi digital.

Sebagai perusahaan biller aggregator yang berpengalaman selama 16 tahun, Jatelindo telah membuktikan reputasinya dalam penyediaan layanan koneksi biller pada berbagai perusahaan besar di sejumlah sektor bisnis. Antara lain PLN, Pulsa dan BPJS kesehatan, perbankan seperti Mandiri, BNI, BRISyariah, retail modern (Indomaret, Alfamart Superindo), dan sejumlah marketplace.

Dari layanan biller tersebut, Jatelindo berhasil membukukan catatan jumlah transaksi rata-rata sekitar Rp 7 triliun per bulan dengan jumlah transaksi lebih dari 40 juta transaksi per bulannya. “Kami berterima kasih atas kepercayaan yang diberikan partner-partner kami selama ini. Kami akan selalu meningkatkan pelayanan yang inovatif dan merilis produk-produk yang solutif demi memenuhi kebutuhan partner dan mitra komunitas kami yang makin beragam,” jelas Direktur Utama PT Jatelindo Perkasa Abadi Idham Hadju.

Pencapaian transaksi tersebut tak terlepas dari peran komunitas PPOB (Payment Point Online Bank) yang telah bermitra selama bertahun-tahun dengan Jatelindo, seperti komunitas penjual pulsa, koperasi, warung, dan loket-loket pembayaran tagihan yang jumlahnya mencapai lebih dari ratusan ribu loket.

Selain melayani beragam tagihan seperti PLN, BPJS, dan PDAM, tahun lalu Jatelindo juga meluncurkan NAROBIL, sebuah platform yang membantu komunitas-komunitas informal seperti komunitas olahraga, UKM, RT/RW, dan pembelajaran (sekolah) untuk melakukan penagihan digital.

Guna melengkapi solusi tersebut, tahun ini PT Jatelindo Perkasa Abadi berinisiatif membuat sebuah platform e-money untuk bertransaksi digital di segmen komunitas. Perusahaan yang telah berdiri sejak 2004 itu melakukan terobosan solutif dengan meluncurkan FELLO, yaitu platform e-money untuk memberikan kemudahan bertransaksi bagi komunitas.

FELLO resmi diluncurkan secara streaming live di channel Youtube Radio Elshinta, pada hari ini (28/10). Peluncuran tersebut disiarkan secara langsung di Radio Elshinta 90FM pada hari ini (28/10) pukul 14.00 hingga 15.00 Wib.

Guna meningkatkan kapasitas dan komitmen Jatelindo dalam memberikan layanan prima kepada komunitas, Jatelindo merekrut sejumlah tenaga ahli di bidangnya. Salah satunya dengan memboyong Setiawan Adhiputro yang telah memiliki jam terbang mumpuni di industri pembayaran digital sebagai advisor fintech.

Pria jebolan Kartuku, GOJEK, dan OVO ini optimis dapat mengembangkan FELLO sebagai pemain utama di bisnis ini dan memberikan kontribusi terhadap adopsi pembayaran digital pada berbagai komunitas.

Sejumlah strategi telah Setiawan siapkan. Di antaranya, aktif bermitra dengan komunitas existing yang unbankable, namun memiliki market luas seperti RT-RW, perumahan dan apartemen, alumni sekolah, pramuka, hingga UMKM seperti GEMAWIRA (Gerakan Masyarakat Wirausaha). Jatelindo juga akan mengoptimalkan potensi market komunitas PPOB (Payment Point Online Bank) yang telah dibangun selama ini.

“Ada lebih dari 100 ribu jaringan komunitas mitra PPOB, penjual pulsa, hingga loket pembayaran. Kami menargetkan setidaknya 10 hingga 20 persen pengguna bisa didapatkan dari sana,” targetnya.

Jatelindo juga akan menggandeng beragam komunitas dengan maksimal. “Kami menargetkan sedikitnya 10 komunitas bakal menjadi mitra FELLO sampai akhir tahun ini. Kami akan menjembatani semua anggota komunitas untuk mempermudah transaksi,” ia meyakini.

Sebagai e-money berbasis komunitas, menurutnya, FELLO akan memiliki beragam fitur menarik yang dirancang khusus sesuai dengan kebutuhan komunitas. Dengan mengakses FELLO, anggota komunitas tak perlu khawatir lagi dalam melakukan transfer atau bayar iuran, karena prosesnya yang begitu cepat, mudah, serta aman.

“Selain itu, FELLO juga memberikan benefit business di setiap transaksi dalam bentuk sharing admin yang akan diperoleh dari berbagai transaksi seperti pulsa, token listrik, dan BPJS kesehatan.. Bagi yang tertarik dengan FELLO, bisa mengunduhnya secara gratis melalui aplikasi play store,” pungkasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)