JD.ID Hadirkan Layanan Belanja Virtual Berbasis QR

Inovasi kembali dihadirkan JD.ID, perusahaan e-Commerce yang terafiliasi dengan JD.com. Setelah sebelumnya menghadirkan inovasi berupa pengalaman berbasis teknologi Artificial Intelligence (Ai) pertama di Indonesia dan Asia Tenggara, kini JD.ID merilisinovasi JD.ID Virtual.

JD.ID Virtual adalah layanan yang manfaatkan teknologi kode QR. Melalui teknologi itu, JDd.ID Virtual menawarkan cara berbelanja ritel modern atau groseri yang praktis dan inovatif dengan tetap mengedepankan konsep belanja tanpa batas (borderless) dan non-tunai (cashless).

Dalam keterangan tertulisnya, President Director JD.ID Zhang Li menuturkan, "JD.ID senantiasa berinovasi untuk memberikan terobosan yang memudahkan para pelanggan kami dalam mengakses dan memenuhi kebutuhan keseharian mereka meski dalam perjalanan. Secara teknologi, kami bangga dapat mempelopori cara dan pilihan berbelanja yang berbeda sesuai dengan dinamika masyarakat urban.”

Lebih lanjut ia menerangkan bahwa saat ini, pilihan berbelanja baru ini sudah dapat dicoba di sembilan stasiun kereta utama di seputaran Jabodetabek yang hadir serentak mulai 5 September 2018. Kesembilan lokasi tersebut adalah stasiun Jakarta Kota, Sudirman, Sudimara, Juanda, Gondangdia, Cikini, Tebet, Pasar Minggu, dan Depok Baru.

Di kesembilan lokasi utama tersebut, para pelanggan setia JD.ID maupun konsumen lainnya dapat menemui sejumlah papan banner yang cukup mencolok seolah sedang berada di mini market, berupa rak berisikan produk kebutuhan rumah tangga secara virtual yang bisa langsung dibeli dengan cara memindai kode QR di aplikasi JD.ID ponsel mereka. Seluruh barang yang dibeli akan diproses dan diantar ke alamat yang diinginkan seperti layaknya berbelanja online.

Dipilihnya stasiun kereta, menurut Li, karena stasiun kereta menjadi lokasi yang cocok untuk JD.ID Virtual. Merujuk data Biro Pusat Statistik pada tahun 2018, jumlah penumpang KRL Jabodetabek menunjukkan jumlah yang secara konsisten meningkat, tidak pernah kurang dari 24 ribu orang per bulannya. Sementara itu, mengutip data dari PT Kereta Commuter Indonesia di laman resminya, hingga Juni 2018 rata-rata jumlah pengguna KRL per hari mencapai lebih dari satu juta pengguna pada hari kerja, dengan rekor jumlah pengguna terbanyak yang dilayani dalam satu hari adalah 1.154.080.

Pelanggan adalah inspirasi kami dalam menjalankan bisnis kami di Indonesia. Kami percaya, dengan JD.ID Virtual, konsep berbelanja yang tak mengenal batas/borderless sesuai dengan semangat dan nilai-nilai perusahaan ini dapat memberikan solusi nyata bagi industri ritel modern sekaligus menjalankan amanah kami untuk memajukan Indonesia (Advancing Indonesia),” tutup Li.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)