Kala Mood Swing Wanita jadi Insight Kondisioner

MIX.co.id - Rangkaian kampanye peluncuran varian baru kondisioner Pantene berangkat dari dua consumer insight menarik. Pertama, orang Indonesia malas berlama-lama di kamar mandi. Dan kedua, pria Indonesia seringkali kebingungan menghadapi moodswings wanita yang dipicu ‘rambut capek’. Begini ceritanya.

“Secara luas, sebenarnya kami melihat pasar penjualan kondisioner mengalami peningkatan yang cukup signifikan setiap tahunnya. Namun, disaat bersamaan, hanya 2 dari 10 masyarakat Indonesia yang sudah menjadikan kondisioner bagian dari rangkaian perawatan rambut sehabis keramas,” papar Binu Kovoor, Head of Marketing Hair dan Skincare dari P&G Indonesia dalam pendahuluannya.

Padahal, lanjut Kovoor, keramas menggunakan shampo saja, membuat minyak alami yang diproduksi rambut hilang. Akibatnya, rambut menjadi kering, kusam, rapuh, dan sulit diatur. Bahkan jika pun konsumen menggunakan kondisioner namun hanya sesekali, maka efek yang didapatkan tidak akan jangka panjang.

Berdasarkan isi pers release yang kami terima, Tim P&G terlihat telah mendapatkan insight terkait ritual consumtion kondisitioner. Pertama, masih banyak masyarakat yang enggan untuk menghabiskan waktu berlama-lama di kamar mandi. Ini sudah tentu termasuk berlama-lama untuk menambahkan penggunaan kondisioner secara rutin sehabis keramas.

Berangkat dari insights tersebut, Pantene kemudian mengadakan kampanye ‘Sekarang untuk Selamanya’ ketika mengantarkan peluncurkan “Pantene Miracles Daily Hair Supplement”. Produk baru ini dikomunikasikan sebagai kondisioner yang dapat memenuhi kebutuhan nutrisi “rambut capek” menjadi “rambut recharged”. Objective lainnya adalah menyadarkan masyarakat Indonesia tentang pentingnya menggunakan kondisioner secara rutin setelah keramas.

Masih terkait peluncuran produk tersebut, Pantene juga merilis iklan di kanal Youtube dengan endorser Nicholas Saputra. Iklan yang diberi judul “Bikin Baper! Janji Spesial dari Nicholas Saputra untuk Kamu” itu telah ditonton lebih dari 2,5 juta sejak mulai tayang dua pekan silam.

Mengapa diambil talent pria untuk mengantarkannya? Ovidia Nomia, Director of Communication dari P&G Indonesia mengaku, mereka mendapatkan insight bahwa pria Indonesia sering sekali kebingungan menghadapi mood wanita yang berubah-ubah terutama di momen-momen yang tidak terduga. Maka dalam video itu, mereka memaparkan kesimpulan bahwa mood-swing tersebut disebabkan antara lain karena ‘rambut capek’ yang membuat wanita tidak puas dengan dirinya sendiri hingga akhirnya mudah bad mood dan kesal.

“Oleh karena itu, kami berharap dengan menggunakan kondisioner Pantene, wanita Indonesia akan merasa lebih percaya diri dan akhirnya lebih bisa mencintai diri mereka. Sehingga, kalau ingin mendapat Rambut Ke-Charged secara effortless, pakai Pantene Miracles Daily Hair Supplement Conditioner sekarang untuk selamanya,” paparnya menyampaikan brand message yang diusung. (Bintari)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)