Ketika Galaxy Buds Pro Mendukung Kerja Jurnalis di Masa Pandemi

Pandemi Covid-19 membuat hampir semua kegiatan jurnalis dilakukan di rumah. Mulai dari liputan hingga exclusive interview yang biasanya dilakukan secara offline, pasca pandemi, semuanya digelar secara virtual. Begitu juga dengan berbagai offline event, kini harus diikuti secara online melalui virtual event.

Akibatnya, keseharian jurnalis selama di rumah sangat bergantung pada sederet perangkat gadget beserta aksesorisnya. Di antaranya, laptop, smartphone, earphone, tripod untuk kamera hape, hingga ring light sebagai pelangkap selama video conference berlangsung.

Salah satu perangkat utama yang sangat mendukung kerja jurnalis selama pandemi adalah earphone. Earphone dari Samsung Electronics yang baru saja dirilis pada awal tahun ini, Galaxy Buds Pro, menjadi salah satu perangkat yang kerapkali mendukung kerja jurnalis MIX-Marketing Communication selama melakukan online interview, video conference, hingga live di instagram.

Ini tiga manfaat sekaligus kemudahan yang dirasakan jurnalis MIX saat menggunakan Galaxy Buds Pro selama melakukan reportase dari rumah.

 

#1  Mendukung Liputan Online Berkali-kali dalam Sehari

Pandemi membuat jumlah liputan online yang dilakukan jurnalis jauh lebih banyak dibandingkan liputan offline. Jika normalnya liputan offline yang diikuti jurnalis maksimal tiga kali dalam sehari, namun saat pandemi, jumlah liputan online yang diikuti bisa lebih dari lima kali. Lantaran, selama liputan online, jurnalis tak terkendala kemacetan di jalan yang notabene memakan waktu lama.

Hanya saja, selama liputan online, tantangan yang dihadapi adalah ketahanan baterai earbuds. Maklum saja, antara satu liputan dengan liputan online berikutnya, nyaris tanpa jeda. Contohnya, saat MIX liputan pertama pada pukul 09.00 pagi, biasanya akan langsung berlanjut pada liputan kedua pada pulul 11.00 wib. Itu artinya, nyaris tak ada jeda untuk mengisi ulang baterai.

Beruntung,  Galaxy Buds Pro yang telah terisi penuh mampu bertahan hingga 8 jam pemutaran, dengan tambahan daya cadangan 20 jam yang tersedia di wireless charging case. Bahkan saat menggunakan ANC (Active Noise Cancellation), pengguna masih memiliki hingga 5 jam pemutaran dengan 13 jam tambahan tersedia pada case. Jika pengguna kehabisan daya, maka dapat memperoleh satu jam waktu putar, hanya dengan mengisi daya dengan cepat selama lima menit.

 

#2 Memudahkan Jurnalis Menyimak Paparan Narasumber

Sepanjang mengikuti liputan online, kualitas suara menjadi elemen terpenting. Sebab, dengan kualitas suara yang jernih, jurnalis dapat secara akurat menyimak semua paparan dari narasumber yang dihadirkan selama konferensi pers, exclusive interview, atau saat menjadi host di program IG Live yang dimiliki MIX, Brand Story.

Galaxy Buds Pro menawarkan suara yang lebih komprehensif, menggunakan woofer 11 milimeter untuk bass yang lebih dalam dan tweeter 6,5 milimeter untuk treble yang lebih renyah dengan distorsi minimal.

Istimewanya, Galaxy Buds Pro juga mampu memisahkan suara pengguna dari suara yang tidak diinginkan dengan tiga mikrofon dan sebuah Voice Pickup Unit (VPU). Dengan demikian, memastikan suara pengguna dapat didengar sejelas mungkin. Salah satu mikrofon luar juga memiliki rasio signal-to-noise (SNR) yang tinggi, yang dapat menghilangkan kebisingan latar belakang. Selain itu, Samsung telah mengintegrasikan teknologi Wind Shield barunya ke dalam Galaxy Buds Pro.

Hal ini tentu saja sangat mendukung kerja jurnalis, termasuk MIX, ketika harus melontarkan pertanyaan kepada narasumber pada saat sesi tanya-jawab di konferensi pers virtual. Mengingat, ruangan di rumah  yang ditempati jurnalis saat berlangsungnya konferensi pers virtual tidak kedap suara.

Selain itu, Galaxy Buds Pro juga memiliki kemampuan ANC paling cerdas dari semua True Wireless Earbuds, karena dapat mengurangi kebisingan suara latar hingga 99 persen, di mana tingkat mengurangi kebisingan dapat disesuaikan dengan keinginan pengguna. Bahkan,  dengan Ambient Sound, jurnalis juga dapat memilih untuk memperkuat suara di sekitar hingga lebih dari 20 desibel, yang berarti dapat menyesuaikan dan mempersonalisasi sesuai kebutuhan. Fitur ini cocok untuk para jurnalis yang juga multitasker, di mana saat bekerja dari rumah, jurnalis yang sudah berumah tangga dan punya anak harus bekerja sambil menjaga anak.

Bahkan, dengan Galaxy Buds Pro, jurnalis masih dapat mendengarkan secara jelas suara pembicara di konferensi pers virtual, meski harus beranjak puluhan meter dari layar gadget untuk sekadar mengambil makanan di dapur misalnya.

 

#3 Mengintegrasikan Kerja Jurnalis

Bekerja di rumah nyaris membuat jurnalis harus menggunakan lebih dari satu perangkat gadget dalam satu waktu. Misalnya, smartphone untuk menerima telepon dan tablet untuk mengikuti konferensi pers virtual. Berpindah dari satu gadget ke gadget lainnya tentu saja  menjadi tantangan tersendiri bagi jurnalis.

Dengan Galaxy Buds Pro, pengguna dapat secara otomatis mengalihkan koneksi earbuds dari  smartphone ke tablet Galaxy atau sebaliknya. Contohnya, pada saat MIX tengah menyimak konferensi pers virtual di Galaxy Tab S7, kemudian menerima panggilan telepon dari narasumber pada Galaxy S21, maka fitur Auto Switch akan menghentikan sementara video (konferensi pers) dan memungkinkan MIX  menjawab telepon dengan menggunakan Galaxy Buds Pro. Setelah panggilan selesai, earbuds otomatis akan langsung beralih kembali ke tablet untuk mengikuti konferensi pers virtual.

Menurut Leo Hendarto Marathon, Product Marketing Manager Samsung Mobile, Samsung Electronics Indonesia, Galaxy Buds Pro sudah dapat diperoleh di Indonesia dengan harga Rp 2.99 juta. “Ada tiga warna pilihan yang dapat dipilih untuk Galaxy Buds Pro, yakni phantom black, phantom silver, dan phantom violet,” tutupnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)