Dalam rangka memperkokoh posisi di industri penerbangan bertarif murah (low cost carrier), BNI dan Citilink secara resmi meluncurkan Kartu Kredit Citilink-BNI. Peluncuran yang secara resmi dilakukan di Garuda Maintenance Facility, Jakarta, pada Kamis (8/11). Kerja sama ini sebagai langkah untuk memperluas segmen akuisisi kartu kredit dan guna menggenjot angka pengguna kartu kredit BNI.
Per Oktober 2012, BNI telah menerbitkan 451.500 kartu kredit baru, atau 86% dari jumlah yang ditargetkan di sepanjang 2012 sebanyak 525 ribu kartu.
Diakui Direktur Consumer & Retail Bank BNI, Darmadi Sutanto, Citilink memilih bekerja sama dengan BNI karena selama tiga tahun berturut-turut terjadi pertumbuhan jumlah pengguna kartu kredit sebesar tiga kali lipat di BNI. “Itu berarti lebih besar dari pertumbuhan kartu kredit secara nasional di perbankan Indonesia, baik dari sisi volume sales maupun outstanding loan-nya,” ujarnya.
Lebih dalam Darmadi Sutanto menjelaskan, “Secara year on year (YoY), pertumbuhan volume sales kartu kredit BNI hingga Oktober 2012 sebesar 36 persen dengan pertumbuhan outstanding loan hingga 28 persen,” paparnya.
Bank BNI sendiri sudah semakin mendekati target penerbitan kartu kredit baru pada tahun 2012 yang ditetapkan sebanyak 525 ribu kartu. Hingga Oktober 2012 saja, tercatat sekitar 86 persen dari target tersebut yang telah terpenuhi. “Hingga Oktober lalu total penerbitan kartu kredit baru kami sudah mencapai 451.500 kartu. Dan melalui kerjasama dengan Citilink ini, kami berharap akan mendorong terjadinya peningkatan volume sales pemakaian kartu kredit,” harapnya.
Menurut Darmadi, segmen konsumen Citilink merupakan kelompok konsumen yang menggemari penerbangan bertarif murah dan berkualitas. “Dan kelompok konsumen penerbangan ini tercatat terus bertambah di Indonesia, sehingga BNI memandang Citilink sebagai partner strategis.” tandasnya.