Kolaborasi MatahariMall.com dan Criteo Picu Pertumbuhan Penjualan Hingga 160%

Suasana Kerja di Kantor MatahariMall.com di Kawasan Kuningan, Jakarta.

Suasana Kerja di Kantor MatahariMall.com di Kawasan Kuningan, Jakarta.

Setelah mengklaim diri sebagai salah satu e-commerce yang memiliki tingkat transaksi terbanyak di ajang Hari Belanja Nasional (Harbolnas) pada Desember 2015, MatahariMall.com kembali mengumumkan hasil per kuartal atas kolaborasi dengan Criteo – perusahaan teknologi kinerja pemasaran, pada Senin (29/2/2016), di Jakarta. Dalam laporannya, kemitraan tersebut mampu mencatat peningkatan penjualan per bulan sebesar 160 persen dan Return On Investment (ROI) iklan sebesar 900 persen.

“Meskipun menjadi pasar e-Commerce yang tumbuh paling cepat di Asia Tenggara, banyaknya pemain lokal menandakan persaingan yang ketat. Terlepas dari pencarian antara berbagai situs dan perangkat, konsumen saat ini juga telah terbiasa dengan pengalaman pribadi, dan pengalaman pribadi sekarang merupakan persyaratan ketika mereka terhubung dengan suatu merek,” kata Yuko Saito, Managing Director, Criteo Asia Tenggara.

Sebagai pemain yang relatif baru di ruang e-commerce lokal, dalam empat bulan sejak diluncurkan, MatahariMall.com telah memiliki pengikut online yang cukup besar, melebihi beberapa pemain utama di pasar. Namun, 98 sampai 99 persen dari pengunjung tersebut tidak melakukan pembelian. Mereka lebih sering browsing dan membandingkan produk serupa di berbagai situs berbeda dan perangkat web yang berbeda sebagai bagian dari proses pengambilan keputusan mereka, termasuk di MatahariMall.com, tetapi pelanggan pada akhirnya cenderung membeli dari platform e-Commerce pesaing, sehingga hal tersebut berdampak pada pendapatan yang hilang bagi MatahariMall.com.

Untuk mendorong peningkatan penjualan, kata Saito, peritel online harus menemukan cara untuk memastikan kesiapan individu untuk membeli dan juga melibatkan konsumen secara efektif ketika mereka siap untuk mengambil keputusan. Kerjasama antara MahariMall.com dan Criteo pun ditujukan untuk mendorong keterlibatan konsumen untuk kembali melakukan pembelian.

MatahariMall.com mengevaluasi ROI channel pemasaran dengan mencari cara bagaimana meningkatkan keterlibatan konsumen, akuisisi penjualan dan pendapatan keseluruhan. Sejak September 2015, solusi kinerja pemasaran Criteo telah memberikan hasil positif bagi MatahariMall.com dimana terjadi Peningkatan click-through rates sebesar 1,5x, Peningkatan average order value (AOV) sebesar 2,6x, 40 persen pengurangan dari cost of sales (COS), Peningkatan penjualan sebesar 160 persen per bulan, hingga Peningkatan 9x ROI iklan secara keseluruhan.

“Dalam catatan tersebut, Criteo menempatkan tampilan iklannya kepada pengguna ketika mereka berada di rumah, di tempat kerja atau di perjalanan. Ini memperkuat pesan kami dan menjadikan produk kami diingat ‘top of mind’ sampai pembelian dilakukan,” kata Timothy Martin, Head of Online Marketing, MatahariMall.com.

Sejatinya, solusi kinerja pemasaran Criteo menggunakan teknologi pembelajaran mesin untuk menentukan kesiapan individu dalam membeli, dengan menilai faktor-faktor seperti pola navigasi online dari calon konsumen di semua perangkat dan browser, dan apa yang mereka tambahkan di shopping cart. Kemudian, teknologi ini menampilkan iklan pribadi dan rekomendasi produk untuk setiap pengguna secara real-time setelah pengguna meninggalkan MatahariMall.com, dengan tujuan untuk mendorong konsumen kembali dan menyelesaikan pembelian.

Pada 2016 ini, kami menargetkan penggunaan ponsel yang lebih agresif. Criteo juga baru saja mengembangkan fitur baru untuk kinerja pemasaran di aplikasi mobile, jadi kami ingin melihat bagaimana mereka dapat membantu kami untuk hal itu. Dalam hal infrastruktur secara online dan pemenuhan pesanan, kami telah bekerja dengan aCommerce dan kami cukup baik mengatasi area ini," pungkas Martin. *

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)