Kopi Kenangan Hanya Untukmu Ramaikan Pasar RTD Coffee

MIX.co.id - Pasar Ready to Drink (RTD) Coffee di Indonesia tercatat masih sangat menjanjikan. Merujuk data NielsenIQ, sebelum pandemi, pertumbuhan pasar RTD Coffee tiap tahunnya mencapai 20%. Meski sempat turun pada awal pendemi di 2020, namun di 2021 pasarnya sudah kembali bertumbuh 20%.

Hal itulah yang memicu perusahaan New Retail F&B Unicorn pertama di Asia Tenggara, Kopi Kenangan, untuk masuk ke pasar RTD Coffee. Dikatakan James Prananto, Chief of Business Development Officer dan Co-Founder Kopi Kenangan, "Dengan lebih dari 600 gerai Kopi Kenangan, kami masih belum mampu menjangkau seluruh peminum kopi di Indonesia. Oleh karena itu, untuk menjangkau pasar yang lebih besar, kami harus masuk ke pasar RTD Coffee, yakni dengan meluncurkan Kopi Kenangan Hanya Untukmu."

Resmi dirilis pada hari ini (17/1), Kopi Kenangan Hanya Untukmu menawarkan diferensiasi berupa bahan-bahan premium dengan kualitas dan cita rasa terbaik. "Kami menggunakan 100% biji kopi lokal berkualitas, 100% susu segar, serta 100% gula aren murni sebagai kandungan utama, sehingga Kopi Kenangan Hanya Untukmu memiliki cita rasa yang unggul di kelas RTD Coffee,” lanjut James.

Kendati terbuat dari bahan berkualitas dan premium, diakui James, Kopi Kenangan Hanya Untukmu tetap ramah di kantong, yakni hanya Rp 9.500 per botolnya. "Kopi Kenangan Hanya Untukmu diharapkan dapat menjawab tingginya antusias pelanggan terhadap Kopi Kenangan sekaligus menyasar pangsa pasar yang lebih luas dengan aksesibilitas mudah serta ketersediaan produk secara masif di seluruh Indonesia," harap James.

Ditambahkan Head of Marketing Kopi Kenangan Susan Ernawati, Kopi Kenangan Hanya Untukmu menyasar target konsumen yang sangat berbeda dengan peminum fresh brew, baik dari segi umur, selera, dan gaya hidup. "Pasar dan preferensi peminum RTD Coffee dengan fresh brew berbeda. Oleh karena itu, Kopi Kenangan Hanya Untukmu hadir untuk melengkapi produk kami yang fresh brew," ucapnya.

Lebih jauh ia menjelaskan, Kopi Kenangan Hanya Untukmu menyasar kelas menengah atas, berusia 18 sampai 35 tahun, yang rutin minum RTD Coffee. "Saat ini, ada tiga varian rasa yang kami tawarkan, yakni Black Aren, Mantancino, dan Avocuddle. Ke depan, tentu saja kami akan menghadirkan inovasi, antara lain varian baru," ungkapnya.

Guna memperkenalkan produk barunya itu, Kopi Kenangan menggandeng dua public figure, yaitu aktor Nicholas Saputra dan penyanyi Isyana Sarasvati sebagai brand ambassador Kopi Kenangan Hanya Untukmu.

Dipaparkan Susan terkait pemilihan brand ambassador, "Nicholas Saputra dikenal sebagai sosok yang romantis, supportive, dan dapat dipercaya ketika membawa sebuah brand. Sementara itu, Isyana Sarasvati dikenal sebagai sosok yang sering membawa kebahagiaan dan humoris untuk orang sekitarnya. Karakteristik seperti itu selaras dengan karakteristik Kopi Kenangan Hanya Untukmu."

Selain itu, Kopi Kenangan juga memanfaatkan kanal konvensional seperti iklan TV atau TVC (TV Commercial) serta gencar di kanal digital. "Platform yang digemari millennial dan Gen-Z sebagai target market kami, tentu akan kami sentuh," ujar Susan.

Kopi Kenangan Hanya Untukmu akan tersedia pada akhir minggu ini di beberapa titik wilayah Jabodetabek, dan akhir Januari 2022 akan tersedia secara Nasional. "Kopi Kenangan Hanya Untukmu dapat dinikmati di minimarket seperti Alfa Group (Alfamart dan Alfamidi) dan Indomaret. Kemudian, juga akan tersedia di supermarket terdekat, dan akan segera hadir di e-commerce," pungkasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)