Kreatifnya Kampanye "Blank Edition" dari An-Nahar

Surat kabar di Lebanon, An-Nahar, berhasil meraih penghargaan Grand Prix di kategori Print & Publishing pada ajang "Cannes Lions Festival of Creativity 2019".
Dibuat oleh Impact BBDO, Dubai, An-Nahar menggunakan surat kabar kosong  untuk membuat pernyataan politik di Lebanon.
Melalui kampanye itu, An-Nahar menerbitkan surat kabar yang benar-benar kosong, alias nihil artikel pemberitaan. Surat kabar kosong ini merupakan tanggapan terhadap kemacetan politik yang membuat negara itu tanpa pemerintahan dan tak berfungsi selama beberapa bulan.  Ide di balik kampanye ini adalah jika politisi tidak bekerja, mengapa harus ada orang lain yang bekerja?
Setelah edisi kosong dirilis, pemimpin redaksi surat kabar An-Nahar mendorong warga untuk menggunakan edisi kosong An-Nahar itu untuk menulis berita utama mereka sendiri dan mengirim pesan ke politisi, melalui media sosial.
Hasilnya, "The Blank Edition" menjadi edisi surat kabar dengan penjualan terbaik, mendapat liputan global dalam 100 publikasi, termasuk The New York Times, The Washington Post, dan BBC. Bahkan, meraih pendapatan media senilai US$ 5 juta.
“Bagi kami, ini adalah demonstrasi yang sempurna bahwa kreativitas cetak dapat melakukan banyak hal untuk media cetak itu sendiri, untuk jurnalisme cetak,” jelas Print and Publishing Jury President Olivier Altmann yang juga Co-founder, CEO, and CCO of Altmann & Pacreau, Prancis.
Ide kampanye ini juga memiliki pesan yang kuat kepada masyarakat luas.  "Pada saat para politisi di seluruh dunia tidak melakukan tugasnya dengan baik untuk masyarakat, maka ini adalah contoh yang bagus untuk melakukan demonstrasi yang kreatif," ucap Altmann.
(Source: Adage.com)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)